Saat Diperbaiki, Kapal Induk Kebanggaan Rusia Terbakar

JagatBisnis.com –  Kapal induk satu-satunya milik Rusia, Admiral Kuznetsov terbakar pada Kamis (22/12). Terbakarnya kapal induk Rusia ini terjadi saat proses perbaikan di galangan kapal Pelabuhan Murmansk, Arktik.

Mengutip dari kantor berita Rusia, TASS dan RIA Novosti, Kepala United Shipbuilding Corporation (USC) Aleksey Rakhmanov menyebut kebakaran itu sudah bisa ditangani dengan cepat. Bahkan insiden kebakaran itu tidak menyebakan korban jiwa.

USC merupakan perusahaan BUMN Rusia yang bertugas dan bertanggung jawab dalam mengawasi perbaikan besar kapal-kapal perang termasuk Kuznetsov.

Baca Juga :   Ruko di Pasar Sungai Pinyuh Kebakaran

Proses perbaikan ini USC lakukan agar Kuznetsov bisa kembali beroperasi. Bahkan Rakhmanov berharap Kuznetsov bisa beroperasi lagi pada awal 2024 nanti. Rencana ini lebih lama dari target awal pemerintah Rusia.

Associated Press melaporkan, Putin telah mengistirahatkan Kuznetsov sejak 2017 kemarin. Pemerintah memprediksi kapal induk ini bisa selesai perbaikan dan operasi pada 2020, namun target itu meleset.

Baca Juga :   UU Anti-LGBT Resmi Disahkan, Putin: Pelanggar Didenda Rp100 Juta

Dengan insiden kebakaran ini membuat target pengoperasian kapal induk tersebut molor dari target dan rencana semula. Hal ini karena prose perbaikan akan bertambah banyak lagi di luar perkiraan awal.

Kebakaran yang terjadi di Kuznetsov ini ternyata bukan pertama kalinya terjadi. Sebab pada 2019 lalu, hal yang serupa juga terjadi, bahkan hingga menelan korban jiwa dengan tewasnya satu pegawai. Sedangkan 12 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Baca Juga :   Ukraina Bantah Bunuh Tahanan Rusia

Sebelumnya pada 2018 juga terjadi insiden kecelakaan saat sebuah derek jatuh ke geladaknya usai dermaga apung yang menahan jangkar kapal mulai tenggelam. Insiden itu menyebabkan kerusakan yang sampai saat ini tidak diketahui jelas. (tia)