Pulau Terdepan di Wilayah Kepri, Diusulkan Dibangun PLBN

JagatBisnis.com – Pulau-pulau terdepan di Kepulauan Riau (Kepri), yang memiliki potensi ekonomi dan pariwisata, diusulkan oleh Pemprov Kepri, untuk dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Usulan ini, bertujuan meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat di perbatasan. PLBN merupakan pos pemeriksaan perlintasan keluar masuk orang dan barang antara dua negara.

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPBD) Kepri, Doli Boniara mengatakan, PLBN potensial meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan. pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, melainkan menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

“Pemerintah pusat memiliki komitmen untuk membangun PLBN di pulau-pulau yang ada di wulayah Kepri, dan berbatasan dengan negara tetangga. Namun pembangunan PLBN tidak dapat dilaksanakan secara sekaligus, melainkan bertahap karena membutuhkan anggaran yang besar,” kata Doli, Senin (12/12/2022).

Baca Juga :   Kepri Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Indeks Kebebasan Pers 2021

Menurut dia, komitmen pemerintah pusat tersebut, terbukti dengan dibangun PLBN di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna. Pembangunan PLBN di Serasan dilaksanakan sejak 2020, dan baru selesai November 2022. Kini, Kepri baru memiliki satu PLBN.

Baca Juga :   Gubernur Kepri Antisipasi Pulau Karang Singa Diklaim Malaysia

“Padahal, Kepri memiliki 22 pulau terdepan. Salah satu yang potensial untuk dibangun PLBN adalah Pulau Jemaja, Kabupaten Anambas. Pulau-pulau terdepan di Kepri, tersebar di Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, dan Kepulauan Anambas,” terangnya.

Baca Juga :   Kepri Raih Penghargaan Provinsi Terbaik Indeks Kebebasan Pers 2021

Untuk Karimun, Batam, dan Bintan, lanjut dia, pembangunan PLBN dapat dilakukan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas, serta PT Pelindo. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO