Marak Penipuan, BRI Imbau Tidak Sembarang Mengunduh File

JagatBisnis.comPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengimbau nasabah untuk tidak sembarang mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak kredibel. Karena belakangan marak modus penipuan berkedok pengiriman paket oleh ekspedisi pengiriman barang. Modusnya, korban diminta untuk mengunduh sebuah file, tapi kemudian saldo di rekening BRI korban ludes dibobol pelaku.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, modus penipuan ini merupakan bentuk penipuan social engineering dan dapat terjadi di bank manapun selain BRI. Biasanya modus penipuan social engineering ini, pelaku akan merekayasa suatu keadaan dan memanipulasi psikologis korban agar bersedia memberitahukan data pribadi korban.

“Misalnya, dengan pelaku berpura-pura menjadi pegawai bank dan meminta informasi pribadi seperti nomor rekening, PIN, password, kode OTP, dan sebagainya. Dalam kasus ini pelaku berpura-pura sebagai kurir ekspedisi yang ingin mengantarkan paket. Dengan semakin beragamnya modus penipuan tersebut, kami secara massive telah melakukan himbauan kepada nasabah agar lebih berhati-hati,” katanya Kamis (8/12/2022).

Baca Juga :   BRI Tawarkan Kemudahan untuk Menonton MotoGP Mandalika

Menurut dia, untuk memerangi kejahatan perbankan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengungkap dan menangkap berbagai tindakan kejahatan perbankan yang merugikan nasabah dan masyarakat.
Meski demikian, dia meminta agar masyarakat berhati-hati saat menerima tautan file atau aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Sebab, data atau informasi nasabah dapat dicuri oleh para fraudster apabila file atau aplikasi tersebut diinstall.

Baca Juga :   BRI Dinobatkan Jadi Bank Terbaik 2022

“Selain itu, nasabah juga diimbau agar tetap menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI. Termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, OTP, dan sebagainya melalui saluran, tautan atau website dengan sumber tidak dikenal,” terangnya.

Baca Juga :   Nasabah Kaya BRI Tumbuh Dua Digit per April 2022

Dia menambahkan, pihaknya juga mengimbau agar nasabah tidak sembarang menginstall aplikasi dengan sumber yang tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Karena pihaknya hanya menggunakan saluran resmi baik website maupun media sosial yang sudah terverifikasi sebagai media komunikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas. (*/esa)