Erina Jalani Siraman dengan Air 7 Sumber Jelang Nikah

Erina Gudono Jalani Siraman dengan Air dari 7 Sumber Foto: Grid.id

JagatBisnis.com –  Prosesi adat siraman mempelai wanita, Erina Gudono telah berlangsung secara khidmat pada Jumat (9/12/2022).

Prosesi ini menjadi pembuka rangkaian acara adat menjelang pernikahan Erina Sofia Gudono dengan Kaesang Pangarep.

Air yang digunakan untuk prosesi siraman Erina Gudono diambil dari tujuh sumber, termasuk dari kediaman Presiden Jokowi di Solo.

Tidak hanya itu, air siraman juga akan diambil dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta, air zamzam, Keraton Kilen, Pakualaman, dan Puro Mangkunegaran.

Baca Juga :   Pernikahan Kaesang dan Erina Semakin Dekat

Prosesi ini dimulai dengan pemasangan bleketepe, lalu ke upacara majang pesarean, sungkeman, langkahan, lalu siraman, pemecahan kendi, dan potong rambut.

Berdasarkan pantauan Tim Tugu Jogja di lokasi media centre, prosesi siraman ini melibatkan sejumlah sesepuh keluarga, salah satu yang terlibat dalam prosesi adat siraman Erina yakni GKR Hemas.

Baca Juga :   Puji Kecantikan Erina Gudono, Kaesang Pangarep: Ayu Tenan Bojoku

Selain itu Permaisuri Kadipaten Pakualaman GKBRAy Adipati Paku Alam X juga ikut dalam prosesi ini. Keduanya menjadi satu dari 7 orang yang bertugas untuk menyiram Erina.

Pranatacara atau pembawa acara, Wigung Wratsangka menuturkan, prosesi siraman ini menggunakan Gagrak Jogjakarta. Seluruh prosesinya menerapkan tradisi pernikahan adat Jawa gaya Jogjakarta.

“Yang siraman Ibu (Sofiatun Gudono) kemudian GKR Hemas, Gusti Putri (GKBRAy PA X), Ibu Pratikno, kemudian ada tiga sesepuh,” kata Wigung berdasarkan pantauan Tim Tugu Jogja, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga :   Akhir Persiapan Pernikahan Kaesang-Erina, Presiden Jokowi dan Sejumlah Menteri Ikut Rapat

Setelah rangkaian prosesi siraman ini, Erina Gudono tinggal menjalani tahapan terakhir sebelum akad nikah, yakni malam midodareni yang akan berlangsung nanti malam.

Rencananya, Kaesang dan keluarga dikabarkan akan datang ke kediaman Erina pada malam midodareni.

Meski begitu, Kaesang dan Erina tidak diizinkan bertatap muka hingga akad tiba. (tia)

MIXADVERT JASAPRO