Mendagri Imbau Kepala Daerah se-Indonesia Beri Bantuan Dana untuk Bencana Gempa Cianjur

JagatBisnis.com –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengimbau pada semua kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, maupun wali kota se-Jawa Barat khususnya dan umumnya se-Indonesia untuk memberikan bantuan dana ke korban terdampak bencana gempa Cianjur, Jawa Barat.

“Kepala daerah bisa menghibahkan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) sebagai bentuk solidaritas pada saudara setanah airnya yang terkena bencana alam. BTT bisa dimanfaatkan yang sudah sisa di akhir tahun ini. Dalam catatan Kemendagri, dari Rp12 triliun lebih dana BTT, 548 daerah provinsi, kabupaten, kota itu baru terpakai kurang dari Rp3 triliun, artinya masih lebih Rp9,9 triliun,” kata Tito dikutip, Rabu (23/11/2022).

Dia menjelaskan, dana BTT itu sebagian digunakan untuk penanganan inflasi di daerah, tapi sebagiannya juga dicadangkan untuk bencana. Karena bantuan yang saat ini dibutuhkan korban gempa di Cianjur adalah uang tunai

Baca Juga :   Kemendagri Dorong Perekaman KTP-el Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024

“Hal itu bisa dilakukan melalui mekanisme hibah pada Pak Bupati melalui BP KAD, Badan Keuangannya, nanti akan saya sharing pada asosiasi gubernur, bupati, wali kota. Paling tidak, tiap daerah membantu Rp100 juta sudah sangat bermanfaat. Jika ada 500 daerah yang membantu bakal ada Rp50 miliar yang terkumpul,” pungkas Tito. (*/eva)

Baca Juga :   Buat NIK Ganti eKTP, Kemendagri Minta Khilafatul Muslimin Ditindak