Kemendagri Rumuskan Kebijakan untuk Kota Bersih

JagatBisnis.com – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mematangkan indikator penilaian Kota Bersih. Upaya itu salah satunya dengan menggelar Seminar Kajian Strategi Penentuan Indikator Penilaian Kota Bersih yang berlangsung di Jakarta, Selasa (8/11/2022) hingga Rabu (9/11/2022).

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo menjelaskan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan perhatian terhadap lingkungan hidup di daerah. Karena itu, Mendagri telah mengarahkan beberapa komponen di Kemendagri untuk menyusun konsep penilaian Kota Bersih.

“Kami dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri telah melakukan langkah awal dengan melaksanakan kegiatan Forum Diskusi Aktual (FDA) dengan judul Kesiapan Pemerintah Daerah untuk Penilaian Kota Bersih,” kata Yusharto, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga :   Kominfo Tingkatkan Akurasi Penerima STB

Dia mengaku, telah berkordinasi dengan komponen terkait di Kemendagri maupun kementrian/lembaga, akademisi, praktisi, dan pemangku kepentingan lainnya untuk merumuskan konsep variabel dan indikator dalam penilaian kota bersih. Selain itu, mengonsepsikan usulan tersebut untuk menjadi sebuah rekomendasi kebijakan.

Baca Juga :   Kejar Realisasi APBD, Kemendagri Kirim Tim Gabungan ke Daerah

“Oleh karena itu, kami ingin meminta pendapat, masukan ataupun saran terkait penentuan indikator kota bersih ini. Adanya masukan dari berbagai narasumber dan peserta yang hadir dalam seminar tersebut bisa menjadi bahan penyempurnaan rekomendasi yang bermanfaat bagi kami. Apalagi, kami sangat membutuhkan kontribusi positif dari seluruh peserta,@ tegas Yusharto. (*/eva)

Baca Juga :   Heru Budi Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

 

MIXADVERT JASAPRO