Kemendagri Dorong Perekaman KTP-el Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendag) mendorong realisasi perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), khususnya bagi pemilih pemula untuk persiapan Pemilu 2024. Karena itu, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri bekerja sama dengan Biro Tata Pemerintahan Setdaprov DIY dan Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta menggulirkan jemput bola perekaman KTP-el di SMAN 3 Yogyakarta, selama tiga hari, mulai Jumat (16/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022) kemarin.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan, kegiatan jemput bola ini memberikan layanan administrasi kependudukan dengan merekam dan cetak e-KTP serta penerbitan Digital ID atau KTP Digital. Agenda itu merupakan bagian dari program Dukcapil Goes to School yang digagasnya. Melalui program itu, pihaknya ingin mendorong realisasi perekaman data e-KTP, khususnya bagi pemilih pemula untuk persiapan Pemilu 2024.

“Selama 3 hari jemput bola, kami telah mencetak sebanyak 83 e-KTP, 11 perekaman baru dan 177 Identitas Kependudukan Digital.  Jadi, 514 kabupaten dan kota melakukan perekaman bagi anak-anak yang belum berumur 17 tahun, hingga yang baru masuk 17 tahun. Ini gerakan kami lakukan untuk persiapan Pileg dan Pilpres pada 2024 mendatang,” kata Zudan, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga :   Mendagri Tito: Kepala Desa Boleh Berpolitik

Dia mengaku, bersyukur berkat upaya itu realisasi perekaman e-KTP juga terus meningkat. Data perekaman e-KTP per Desember 2021 sudah 99,21 persen. Adapun provinsi yang masih banyak warga belum terekam tinggal di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga :   BSKDN Kemendagri Komitmen Bangun Zona Integritas

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Yogyakarta, Septi Sri Rejeki menambahkan layanan jemput bola perekaman data, setidaknya satu kali dalam sepekan. Sepanjang tahun ini pihaknya sudah buat jadwal jemput bola di seluruh sekolah. Tidak hanya SMA dan SMK, tapi juga menyasar TK, SD dan SMP untuk KIA.

Baca Juga :   Penyederhanaan Birokrasi Buat Kerja ASN Lebih Efektif

“Antusiasme pelajar untuk melakukan perekaman data e-KTP lewat program Dukcapil Goes to School ini sangat tinggi. Alhasil, realisasi perekaman di Kota Yogyakarta mampu meningkat signifikan. Sekarang sudah lebih dari 99 persen, sudah melebihi target nasional. Kekurangannya cuma nol koma sekian persen saja. Insya Allah, 2022 tuntas 100 persen,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO