Kasus Polio di Jakarta, Dinkes DKI: Nihil

JagatBisnis.com –  Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memastikan belum ada kasus polio yang menjangkit anak-anak di ibu kota.

”Belum ada kasus polio pada anak di bawah 15 tahun saat ini di DKI Jakarta,” kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama.

Ngabila menegaskan, status cakupan vaksinasi polio tetes dan suntik di Ibu Kota pada tahun 2022 ini juga terbilang baik.

Baca Juga :   Kemenkes: Hanya 4 Provinsi Bebas Polio

“Kami terus sweeping, sisir dan kejar cakupan vaksinasi anak balita yang belum lengkap vaksinasinya,” tandasnya.

Sementara itu, Dinkes DKI turut memastikan memperpanjang program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) hingga 31 Desember 2022.

Program BIAN yang dicanangkan termasuk diantaranya imunisasi polio tetes, polio suntik, pentavalen untuk difteri, pertusis, tetanus (DPT), hepatitis B, hemofilus influenzae tipe B, dan tambahan campak rubela.

Baca Juga :   Kemenkes: Hanya 4 Provinsi Bebas Polio

Adapun seperti diberitakan sebelumnya, virus polio kini kembali mengintai masyarakat terutama Indonesia. Bahkan pemerintah saat ini menetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) polio karena terdapat satu kasus yang ditemukan di Pidie, Aceh.

Pasien yang ditemukan di Aceh mengalami pengecilan di bagian paha dan betis. Kemudian, pasien tersebut saat ini mengalami kondisi berjalan meskipun tertatih-tatih.

Baca Juga :   Kemenkes: Hanya 4 Provinsi Bebas Polio

“Anak itu mengecil di bagian otot, paha, dan betis, dan memang tidak ada riwayat imunisasi. Tidak memiliki riwayat perjalanan, kontak, dan ada perjalanan ke luar, enggak ada,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu dalam temu media virtual, akhir pekan lalu.(tia)

MIXADVERT JASAPRO