Kemenkes: Hanya 4 Provinsi Bebas Polio

JagatBisnis.com –  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan ada 415 kabupaten/kota dari 30 provinsi di Indonesia yang masuk kategori risiko tinggi atau zona merah polio. Sementara empat lainnya bebas dari risiko tinggi. Yaitu, Jambi, Banten, dan Bali masuk kategori risiko sedang atau zona kuning. Sementara DI Yogyakarta masuk kriteria risiko rendah atau zona hijau.

Baca Juga :   Pedagang Pasar Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

“Pemetaan risiko polio itu didapatkan dari analisis yang mengacu pada ketentuan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO)” kata Kemenkes dalam paparannya, Senin (21/11/2022).

Kemenkes menjelaskan, polio yang disebabkan penularan dari virus polio dapat mengakibatkan terjadinya kelumpuhan permanen, terutama terhadap anak-anak yang belum mendapatkan imunisasi. Penularan penyakit ini terutama melalui faecal-oral alias lingkungan atau air yang terkontaminasi oleh tinja yang mengandung virus polio.

Baca Juga :   Pasien Covid-19, Bisa Konsultasi Gratis via Telepon

“Selanjutnya, virus polio akan berkembang di dalam saluran pencernaan korban, dan menyerang sistem saraf sehingga mampu mengakibatkan kelumpuhan. Masa inkubasi 7-21 hari untuk onset gejala kelumpuhan,” ungkap Kemenkes. (*/esa)