Saudi dan Yunani Gelar Latihan Udara Gabungan di Langit Mediterania

JagatBisnis.com-Falcon Eye 3, latihan bersama Angkatan Udara Kerajaan Saudi (RSAF) dan Yunani. Falcon Eye 3 diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Souda di Kreta. Sejumlah pesawat tempur juga terlibat dalam latihan tersebut.

Dikutip dari Saudi Press Agency, Minggu (13/11/2022)c, latihan dimulai dengan studi lapangan, yang mengatur dan menyatukan taktik awak udara Saudi dan Yunani. Lalu, diikuti dengan penerbangan pelatihan bersama di langit, di atas Laut Mediterania.

Kolonel Khalifa Al-Enezi, komandan kelompok RSAF yang berpartisipasi dalam latihan tersebut, mengatakan latihan Falcon Eye 3 berfokus pada pelaksanaan beberapa operasi, termasuk misi serangan dan dukungan udara untuk serangan balik dan pertahanan. Mereka juga fokus pada pelatihan di lingkungan peperangan elektronik canggih, yang memainkan peran penting dalam pertempuran udara.

Baca Juga :   Bandara Saudi Diserang Drone, Banyak Korban Berjatuhan

“Angkatan Udara Saudi berpartisipasi dengan sejumlah pesawat tempur F-15 dengan semua kru udara, teknis dan pendukungnya. Manuver tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Angkatan Udara Yunani dan Saudi. Selain itu juga meningkatkan tingkat kesiapan tempur untuk mencapai misi dengan melakukan penerbangan melintasi perbatasan internasional, melakukan tugas operasional dan pelatihan, dan bertukar pengalaman militer,” paparnya.

Baca Juga :   Kunjungi Arab Saudi, Erdogan Jalani Ibadah Umrah

Sementara Wakil komandan RSAF, Mayor Jenderal Talal Al-Ghamdi, menambahkan, Falcon Eye 3 adalah salah satu latihan udara bilateral yang paling menjanjikan untuk RSAF dan mitra Yunaninya. Versi sebelumnya mencapai keberhasilan pada tingkat strategis, operasional, dan taktis.

Baca Juga :   Bulan Depan, Biden akan Kunjungi Arab Saudi dan Israel

“Latihan difokuskan pada penerapan beberapa serangan mendadak, termasuk operasi serangan dan dukungan udara ofensif dan defensif,” tegasnya. (*/els)