China Lock Down, Apple Alihkan Produksi ke India

JagatBisnis.com –  Pabrik perakit utama iPhone, Foxconn di Zhengzhou, China diketahui dilanda pandemi Covid-19. Wabah itu menyebar luas ke banyak karyawan, sehingga membuat suasana pabrik jadi ricuh. Hal ini membuat perusahaan mengalihkan seluruh produksinya ke Negara Barata, India.

Seperti dilansir BGR, Sabtu (5/11/2022), Apple mempercayakan perusahaan perakitan bernama Pegatron Corp untuk memproduksi iPhone 14. Ini adalah perusahan yang mempekerjakan lebih dari 7.000 pekerja. Pegatron Corp sendiri sebenarnya bukan pertama kali mengerjakan perangkat iPhone. Sebelumnya juga pernah membuat iPhone 12 dan pernah mendapat pesanan untuk model entry-level produk Apple lainnya.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Foxconn bahkan berencana untuk memperluas kapasitas produksi iPhone di India setelah “lock down” di pabrik iPhone Zhengzhou karena Covid-19.

Baca Juga :   Apple Konfirmasi Acara 13 Oktober 2020

“Akibatnya, iPhone yang dibuat oleh Foxconn di India akan tumbuh setidaknya 150% YoY pada 2023, dan tujuan jangka menengah/panjang adalah mengirimkan 40-45 persen iPhone dari India (vs 204 persen saat ini). Artinya, kapasitas produksi iPhone Foxconn di India akan meningkat pesat dalam beberapa tahun ke depan,”katanya. (*/els)