PLN Pekanbaru Meluncurkan Ojek Listrik

JagatBisnis.com –  PT PLN UP3 Pekanbaru menggandeng Pangkalan Ojek Rumbai Raya untuk mengganti motor ojek dengan kendaraan listrik melalui program ojek listrik. Program itu dilaksanakan dalam upaya mendukung Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional.

“Saat ini kami telah memberikan pinjaman tujuh unit sepeda motor listrik kepada Ojek Pangkalan (opang) Rumbai Raya. Diharapkan pada akhir tahun ini, akan direalisasikan hingga 25 unit,” kata Manajer UP3 Pekanbaru, Wira Bhaktidharma di Pekanbaru, Selasa (18/10/2022).

Dia menjelaskan, pihaknya berencana menambah dua pangkalan ojek lagi di Ibu Kota Riau ini. Pangkalan ojek itu yang akan dikonversi menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga :   PLN Normalkan 31 Unit Gardu Listrik Rusak Akibat Longsor di Cianjur

Selain itu, pihaknya juga telah membangun ekosistem Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tujuh kantor unit PLN di Pekanbaru dan akan terus bertambah hingga 40 lokasi pada 2027.

Baca Juga :   PLN Pasok Listrik 2,5 Juta VA untuk SPKLU Transjakarta

“Bentuk komitmen Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) mendukung Inpres menggunakan kendaraan berlistrik dalam kegiatan operasional. Apalagi, kami telah menggunakan 119 unit sepeda motor listrik untuk petugas pelayanan teknik dan petugas billing manajemen sebagai kendaraan operasional dalam melakukan layanan perbaikan gangguan, catat meter, penagihan rekening, dan pengecekan kwh meter prabayar,” terangnya.

Baca Juga :   PLN Gelar Ramadhan Electric Food Fest 2022

Selain itu, dia menambahkan, ada tiga mobil listrik dan akan terus dilakukan substitusi bertahap hingga 2027 pada seluruh Unit Pelaksana di PLN UIWRKR. Dengan begitu, pihaknya optimistis dalam beberapa tahun ke depan berbagai instansi lain ingin membangun ekosistem kendaraan listrik. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO