Pembiayaan KPR BSI Tembus Rp44,9 Triliun

JagatBisnis.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berhasil menyalurkan pembiayaan BSI Griya mencapai angka Rp44,9 triliun atau tumbuh 13 persen yoy pada Oktober 2022. BSI Griya merupakan fasilitas pembiayaan perumahaan bagi para nasabah. Dengan realisasi itu, BSI terus menggenjot pembiayaan nasabah. Salah satunya, dengan menggandeng Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk menyediakan pembiayaan syariah KPR Tapera Syariah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, khususnya di Aceh.

“Sinergi ini dituangkan dalam perjanjian kerjasama (PKS) penyaluran pembiayaan perumahan bagi peserta Tapera berdasarkan prinsip syariah. Kerja sama ini dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah, khususnya penyediaan rumah bagi masyarakat dengan pembiayaan Tapera Syariah. Ini bentuk komitmen kami dalam memberikan laanan terbaik untuk masyarakat Aceh,” kata Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna dalam keterangan tertulis, Selasa (18/10/2022).

Dia menjelaskan, Tapera merupakan simpanan peserta secara periodik yang dimanfaatkan untuk membiayai kepemilikan, pembangunan, perbaikan perumahan dan akan dikembalikan berikut hasil pemupukannya setelah kepesertaan berakhir. Target yang akan dibidik dalam pembiayaan KPR ini yaitu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) segmen ASN yang terdaftar di portal kepesertaan Sistem Informasi Tabungan Perumahan Rakyat (SITARA) dengan penghasilan maksimal Rp8 juta per bulan yang belum memiliki rumah.

Baca Juga :   Kini, Beramal Bisa melalui Aplikasi BSI Mobile di Lingkungan Masjid

“Aceh merupakan salah satu provinsi yang menjadi fokus BSI dalam penyaluran KPR Sejahtera FLPP dan produk KPR Tapera Syariah, mengingat di provinsi ini masih terjadi backlog yang cukup besar yaitu sekitar 18 ribu.

Baca Juga :   BSI Gelar Vaksinasi Dari Masjid ke Masjid

Karena itu, kami akan terus berupaya meminimalisir backlog tersebut dengan menyalurkan pembiayaan untuk penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat Aceh,” terangnya.

Baca Juga :   Jadi Bank Penerima Setoran, BSI Dorong Generasi Muda Berhaji

Menurut dia, program ini merupakan bentuk partisipasi pihaknya dalam mendukung dan menjalankan program nasional sejuta rumah pemerintah untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar dapat memiliki rumah dan tentunya tetap dalam koridor sesuai prinsip syariah. Maka, untuk mencapai target penyaluran pembiayaan rumah subsidi, ekspansi pembiayaan BSI KPR Tapera Syariah digenjot melalui optimalisasi pengembang.

“Di samping itu, memperluas jaringan nasabah baru yang memiliki potensi pembiayaan rumah pertama melalui KPR Tapera Syariah,” ungkapnya. (*/eva)