Ini Alasan PLN, Listrik Sumatera dan Bangka Padam

JagatBisnis.com – Sebagian wilayah Sumatera dan Bangka mengalami pemadaman listrik akibat adanya gangguan cuaca ekstrem yang menimpa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Lahat-Bukit Asam, sejak Senin sore (4/7/2022). Sampai pada Selasa pagi (5/7/2022) ini, PLN sudah berhasil memulihkan 100 persen pasokan listrik ke pelanggan pasca terjadinya gangguan di sebagian Wilayah Sumatera dan Bangka tersebut.

Vice President Komunikasi Korporat PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan dengan mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan, petugasnya berhasil melakukan penormalan 45 Gardu Induk (GI) dan recover daya lebih dari 1.500 MW secara bertahap. Setidaknya, mulai pukul 21.26 WIB sistem Sumatera Bagian Utara dan Aceh sudah berhasil dipulihkan. Disusul kemudian sistem Sumatera Bagian Tengah pulih 100 persen dan terakhir sistem kelistrikan Sumatera Bagian Selatan dan Bangka.

“Petugas kami bergerak di lapangan melakukan penormalan mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan. Pada pukul 00.35 WIB semua sistem interkoneksi kelistrikan telah berhasil dipulihkan dan seluruh pelanggan sudah kembali menyala. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh masyarakat sehingga proses pemulihan gangguan dapat berjalan lancar,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga :   PLN Uji Coba Bonggol Jagung Jadi Bahan Bakar PLTU Sumbawa Barat

Sementara itu, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UIW S2JB), Sendy Rudianto menambahkan, penyebab pemadaman masih belum diketahui. Namun, seluruh wilayah kerjanya terdampak. Karena jalurnya itu panjang. Jadi, daripada mencari penyebabnya lebih baik petugas melakukan penormalan dulu. Pemadaman ini terjadi sampai ke Aceh.

Baca Juga :   PLN Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Campuran Batu Bara

“Di Sumatera Selatan sendiri ada beberapa titik padam. Tidak terkecuali seluruh daerah di Sumatera sampai ke Aceh. Ini tidak semua padam. Tetapi beberapa titik ada karena ini gangguan transmisi dari Lampung sampai Aceh terhubung. Maka kalau ada gangguan sampai Aceh juga terdampak,” paparmya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO