PLN Uji Coba Bonggol Jagung Jadi Bahan Bakar PLTU Sumbawa Barat

JagatBisnis.comPT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat (NTB) terus mendukung tercapainya target net zero emission pada 2060, salah satunya melalui uji coba pemanfaatan bonggol jagung sebagai substitusi bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumbawa Barat.

Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Tambora, Wayan Budi Laksana, mengatakan PLTU Sumbawa Barat adalah salah satu PLTU dalam sistem kelistrikan di NTB, yang menerapkan co-firing. Co-firing merupakan teknik substitusi dalam pembakaran PLTU. Di mana, sebagian batu bara yang dijadikan bahan bakar diganti sebagian dengan bahan lainnya, yang dalam konteks ini adalah biomassa.

“PLTU Sumbawa Barat berkapasitas 2×7 mega watt (MW) memanfaatkan limbah domestik, yaitu bonggol jagung yang telah diolah sedemikian rupa untuk dijadikan bahan bakar alternatif. Hal itu untuk peningkatan kualitas produksi listrik dan rantai pasok energi primer pada PLTU.

Baca Juga :   PLN Layani Sambungan Internet Berhadiah Wisata Religi

Dia mengaku, pihaknya saat ini berfokus dalam transisi energi melalui peningkatan bauran energi baru terbarukan. Dalam tahapannya, pihaknya juga menerapkan green booster yang di dalamnya meliputi implementasi co-firing pada PLTU. Apalagi, Sumbawa dikenal sebagai penghasl jagung yang melimpah untuk komoditas pertanian.

Baca Juga :   PLN Jamin Pembangkit Listrik Tak Krisis Batu Bara

“Proses co-firing, menggunakan biomassa bonggol jagung dilakukan secara terus menerus sejak Mei 2022 sampai dengan saat ini dengan persentase campuran biomassa yang terus meningkat. Dengan melakukan co-firing menggunakan bonggol jagung, PLTU Sumbawa Barat dapat memproduksi energi listrik sebesar 300 MWh yang disalurkan ke pelanggan di Pulau Sumbawa,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah NTB, Lalu Gita Ariadi, mengapresiasi langkah dan kinerja PLN yang dinilai positif. Tak hanya keandalan, namun komitmen PLN untuk pemanfaatan energi baru terbarukan. Ia juga berharap akan banyak investor yang akan akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB di dalam peningkatan pemanfaatan energi baru terbarukan.

Baca Juga :   Tekan Impor BBM, Tahun ini PLN Konversi 250 MW Pembangkit Diesel ke Surya

“Terima kasih atas berbagai prestasi yang telah diraih. Semoga ke depan pemanfaatan greeen energy akan menghadirkan kehidupan di NTB, yang lebih sehat dan lebih bersih di masa yang akan datang,” tutup Gita. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO