Kemenaker Berangkatkan PMI ke Inggris Raya

JagatBisnis.com-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melepas sebanyak 250 Pekerja Migran Indonesia (PMI ke Inggris Raya, Minggu (3/7/2022). Para PMI tersebut di berangkatkan melalui Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI), PT Alzubara Manpower Indonesia untuk bekerja di sektor formal agriculture workers atau pekerja pertanian musiman.

“Permintaan tenaga kerja yang cukup tinggi di sektor perkebunan di United Kingdom (UK) ini menunjukkan kesempatan kerja bagi para pencari kerja luar negeri begitu besar dan kesempatan itu turut menyerap supply angkatan kerja Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta & PKK) Suhartono, disela-sela seremoni pemberangkatan PMI, Minggu (3/7/2022).

Dia menjelaskan, adapun sebanyak 250 PMI ini akan bekerja di sektor perkebunan ke Inggris. Di Inggris Raya, PMI akan ditempatkan di Clock House Ltd (Firmin, Kenth word, Cox Health, Salman), MansField, Alan Hill Scotland, Dearnsdale, J Myath, G.H Dean, dan Oakdane. Seluruh PMI yang diberangkatkan telah menjalani seluruh proses yang dipersyaratkan oleh Undang-undang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI) Nomor 18 Tahun 2017 beserta turunannya.

Baca Juga :   Kemenker: Lebaran Sudah Lewat, 833 Perusahaan Belum Bayarkan THR Karyawan

“Kami juga meminta P3MI tak sekadar mencari peluang kerja, tapi juga menempatkan PMI yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi dan memiliki etos kerja baik. Sehingga, akan meminimalisasi permasalahan pada masa mendatang. Para PMI juga dapat memanfaatkan untuk memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan membentuk karakter, ” ungkapnya.

Baca Juga :   Selama Pandemi Covid-19, Ada72.983 Pekerja Kena PHK

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (APJATI) Ayub Basalamah mengungkapkan mayoritas 250 PMI akan ditempatkan di Skotlandia dan Inggris. Keberangkatan PMI sebanyak itu, karena saat pandemi Covid-19 penempatan PMI ditutup.

Baca Juga :   Kalbe Farma Donasikan Satu Truk Tangki Air Bersih Ke PMI

“Makanya, kami berpesan agar 250 PMI bekerja dengan penuh rasa syukur. Sehingga dapat mencerminkan citra bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar, santun, taat aturan dan bangsa yang unggul SDM-nya,” ucapnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO