KAI Gelar Kampanye Serentak di Stasiun

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI wilayah Daop 1 Jakarta terus mendorong kesadaran anti pelecehan seksual di kereta. Bekerja sama dengan Komnas Perempuan menggelar kampanye serentak di sejumlah stasiun. Adanya kampanye ini, diharapkan tindakan pelecehan seksual di transportasi publik tidak terjadi lagi dan masyarakat dapat menikmati perjalanan, khususnya menggunakan moda kereta api (KA) dengan nyaman dan menyenangkan, baik saat bepergian jarak pendek ataupun jarak jauh.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk berani mencegah terjadinya tindak pelecehan seksual yang terjadi di transportasi umum, khususnya di kereta api. Jika ada yang melihat tindakan tersebut bisa langsung melapor. Apalagi, kampanye ini mengajak masyarakat agar saling menghargai dan menghormati sesama pelanggan saat menggunakan layanan jasa kereta Api (KA). Sehingga dapat terwujud transportasi di KA yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan menyampaikan imbauan melalui pengeras suara serta sejumlah media kampanye seperti spanduk, poster, pamflet, dan stiker. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan petisi untuk mendukung anti pelecehan seksual. Masyarakat di stasiun juga diajak untuk menandatangani petisi antipelecehan seksual di transportasi publik, khususnya di stasiun dan kereta api,” katanya dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :   KAI Beri Lansia Potongan Harga 20 Persen

Dia menjelaskan, selama periode 2021 hingga Juni 2022, pihaknya telah melakukan 25 kali kegiatan sosialisasi anti tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di stasiun-stasiun berbagai kota. Di antaranya, Jakarta, Medan, Malamg dan Purwokerto. Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi lebih lanjut agar semakin banyak masyarakat yang teredukasi terkait menjaga kesopanan di transportasi KA.

Baca Juga :   KAI Tangkap Pelaku Pencuri Rel Kereta Api

“Sebagai bentuk komitmen, petugas kami baik di stasiun maupun di atas KA akan terus bersiaga jika terjadi tindak kekerasan dan pelecehan seksual. Kami juga tetap meminta pelanggan agar tetap waspada dan melaporkan kepada petugas jika terjadi tindakan kekerasan dan pelecehan seksual,” imbuhnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO