Harga Pertalite dan LPG 3 Kg Naik, Ini Penjelasan Pertamina

JagatBisnis.com –  Harga Pertalite dan LPG 3 kilogram (kg) akan mengalami kenaikan bertahap dalam waktu dekat. Namun demikian, hingga kini kebijakan meredam gejolak harga minyak dunia tersebut masih belum juga digulirkan karena belum mendapatkan restu dari pemerintah. Karena Pertalite dan LPG 3 kg merupakan bahan bakar bersubsidi, penentuan harga merupakan wewenang pemerintah

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi terkait penyesuaian harga tersebut. Bahkan, pihaknya menolak berkomentar ketika ditanya apakah sudah ada diskusi kenaikan harga di tubuh internal Pertamina atau belum. Karena pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah.

“Pemerintah memang berencana menaikan harga sejumlah komoditas energi. Hal ini tertuang dalam strategi jangka pendek, menengah dan panjang saat pemerintah merespons tingginya harga minyak global. Sehingga tarif listrik, BBM subsidi dan non subsidi hingga LPG akan mengalami penyesuaian harga,” tutupnya.

Baca Juga :   Tak Jadi Naik Pekan Depan, Kenaikan Harga BBM Subsidi Masih Terus Dikaji

Dia menjelaskan, strategi menghadapi dampak kenaikan harga minyak dunia untuk jangka menengah akan dilakukan penyesuaian harga Pertalite, Solar dan penyesuaian harga jual eceran LPG untuk mengurangi tekanan APBN dan menjaga inflasi. Sehingga kenaikan harga tersebut sulit dihindari di tengah lonjakan harga energi global di tengah pemulihan ekonomi dan dampak konflik Rusia Ukraina.

Baca Juga :   Kini Pertalite Dianggap Lebih Boros dari Sebelumnya, Ini Kata Pertamina

“Maka tak heran, kalau lonjakan harga tersebut mendorong pemerintah menyesuaikan harga energi di dalam negeri. Jadi sekarang masih dikaji. Nanti, sesudah dikaji akan segera diumumkan,” tegasnya. (*/eva)

Baca Juga :   Kilang Pertamina Balongan Beroperasi Kembali

 

MIXADVERT JASAPRO