Kini Pertalite Dianggap Lebih Boros dari Sebelumnya, Ini Kata Pertamina

JagatBisnis.com-Saat ini ramai di media sosial (medsos) soal keluhan beberapa pengguna kendaraan bermotor yang mengisi bahan bahan minyak (BBM) jenis pertalite. Setelah harganya naik, BBM yang biasa digunakan itu terasa lebih boros daripada sebelumnya.

Menanggapi itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, produk BBM Pertamina jenis Pertalite (RON 90) tidak mengalami perubahan spesifikasi. Standar dan mutu pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi di Indonesia sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan Di Dalam Negeri.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP). Saat ini hasil uji RVP dari pertalite yang disalurkan dari terminal bahan bakar minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal), ” kata Irto, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga :   Dirut Pertamina Bakal Diperiksa Polisi Terkait Mafia Tanah

Dia menjelaskan, penguapan dapat berubah lebih cepat jika temperatur penyimpanan meningkat. Secara spesifikasi, batasan maksimum untuk penguapan (destilasi) pertalite adalah 10 persen, dibatasi maksimal 74 derajat Celsius.

Baca Juga :   Pertalite Masih Lebih Banyak Dinikmati Masyarakat Mampu

“Jadi, secara umum produk pertalite ada di suhu 50 derajat Celcius. Artinya, pada saat tempertur 50 derajat Celsius, jenis BBM sudah bisa menguap hingga 10 persen. Semakin tinggi temperatur, maka akan semakin tinggi tingkat penguapan,” paparnya.

Baca Juga :   BBM Pertalite Disubsidi, Premium Bakal Dihapus,

Menurut dia, melalui lembaga penyalur resmi (SPBU dan Pertashop), Pertamina berkomitmen untuk menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi. Melalui kontrol kualitas, produk yang tidak sesuai spesifikasi tidak akan disalurkan ke lembaga penyalur. (*/eva)⁰

MIXADVERT JASAPRO