Tak Jadi Naik Pekan Depan, Kenaikan Harga BBM Subsidi Masih Terus Dikaji

JagatBisnis.com-Harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi tak jadi naik pekan depan. Sehingga kenaikan harga BBM subsidi tak mungkin dilakukan dalam waktu dekat ini. Padahal, pemerintah ingin sekali menaikan harga BBM Subsidi agar tak terus membebani APBN.

“Kami masih disampaikan beberapa skenario. Sehingga kenaikan BBM Subsisi tidak akan dilakukan pada kuartal III,” kata Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Minggu (21/8/2022).

Sebelumnya Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pekan depan Presiden Joko Widodo kemungkinan akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi. Kenaikan itu harus dilakukan agar tak membabani APBN.

Baca Juga :   Pertamina Belum Tentukan Waktu Penerapan QR Code untuk Beli BBM Subsidi Dimulai

“Mungkin minggu depan Presiden akan mengumumkan mengenai kenaikan harga ini. Jadi, Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan demikian karena harga BBM kita termurah se-kawasan dan itu beban untuk APBN,” kata Luhut.

Baca Juga :   Selama Mudik, Diperkirakan Kebutuhan BBM hingga 14 Persen

Sementara itu, Deputi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir mengungkapkan, hingga saat ini piihan terbaik untuk menentukan harga BBM masih terus dikaji untuk mencari alternarif yang terbaik.

Perlu diketahui, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan di tengah tingginya harga BBM, pemerintah berkomitmen untuk tetap mengupayakan ketersediaan bahan energi itu untuk masyarakat. Apalagi saat ini sedang disiapkan beberapa opsi agar BBM bersubsidi yang benar-benar hanya untuk masyarakat berdaya beli menengah ke bawah dapat tepat sasaran.

Baca Juga :   Kopi Indonesia Potensial untuk Go International dan Merajai Pasar

“Saat ini sedang dikaji banyak opsi secara keseluruhan. Nanti kita akan pilih yang terbaik, karena subsisdi ini kompensasinya sudah berat sekali, sementara harga minyak masih cukup tinggi,” tutup Arifin. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO