Waspada Gangguan Mental Post Holiday Blues Usai Libur Lebaran

JagatBisnis.com – Libur Lebaran telah selesai. Biasanya, setelah libur merasa tidak bersemangat untuk bekerja. Maka, kondisi seperti itu perlu diwaspadai. Karena bisa jadi mengalami gangguan mental post holiday blues atau vacation blues.

Menurut National Alliance on Mental Illness (NAMI), kondisi ini digambarkan sebagai perasaan cemas dan stres yang muncul setelah liburan. Umumnya, hal ini dialami pekerja di Amerika Serikat setelah libur musim dingin. Sementara di Indonesia, gejala ini lebih mungkin dialami seusai libur panjang, seperti Lebaran dan tahun baru. Ketika mengalami gangguan ini akan cenderung tidak bersemangat ataupun produktif dalam bekerja.

Psikoterapis Gina Moffa yang berbasis di New York, AS menjelaskan, ini bisa mirip dengan perasaan sedih, cemas, atau bahkan depresi. Akibatnya, pekerjaan pun menjadi terbengkalai. Sehingga dapat mempengaruhi tidur,
tingkat energi, dan bahkan kemampuan untuk berkonsentrasi. Karena bagaimanapun, liburan juga memberi waktu istirahat dari kehidupan sehari-hari dan pekerjaan yang monoton.

Baca Juga :   Amankah Vaksin Pfizer untuk Komorbid?

“Untuk mengatasi hal tersebut, bisa berbicara langsung dengan teman. Caranya dengan memikirkan seseorang yang disenangi, baik secara langsung maupun melalui telepon. Selain itu bisa juga dengan melakukan aktivitas di luar rumah. Karena dengan bermain atau berjalan-jalan ke luar rumah, seperti berolahraga bisa meningkatkan energi untuk kembali bersemangat,” katanya seperti dikutip dari Psychcentral, Senin (9/5/2022).

Baca Juga :   Saat COVID-19 Telah Jadi Endemi, Perlukah Mengkonsumsi Vitamin D?

Selain itu, lanjut dia, untuk menghindari vacation blues, bisa dengan memasak menu yang tidak mengingatkan pada makanan pada libur Lebaran. Sehingga bisa mendapatkan aroma masakan yang baru di rumah. Lebih baik lagi, jika memasak sesuatu yang baru, karena ini akan merangsang pemikiran kreatif yang aktif. Bahkan, jangan menonton apa pun yang berkaitan dengan liburan. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO