Pasokan Listrik Dipastikan Aman Jelang Lebaran

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pasokan listrik nasional dalam kondisi aman dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Operasional pembangkit di seluruh Indonesia akan dimaksimalkan untuk mendukung masyarakat merayakan Idul Fitri tahun ini. Total kapasitas pembangkit terpasang di Indonesia mencapai 64,3 gigawatt (GW). Adapun pada saat hari Idul Fitri, diperkirakan total beban puncak listrik mencapai 34,27 GW.

“Menjelang Idul Fitri, kami bisa pastikan seluruh masyarakat menikmati listrik yang andal. Sehingga, masyarakat bisa beribadah dengan khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat,” kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat terjun langsung mengunjungi di PLTU Suralaya, Cilegon, Banten untuk memimpin Apel Siaga Idul Fitri, Rabu (20/4/2022).

Dia menjelaskan, untuk mendukung operasional pembangkit, pihaknya memastikan pasokan energi primer seperti batu bara, gas dan bahan bakar minyak dalam kondisi aman dengan HOP di atas 15 hari. Dari sisi pasokan daya di wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali), saat ini mempunyai total daya terpasang mencapai 45,1 GW. Adapun beban puncak selama Idul Fitri diperkirakan mencapai 21,07 GW.

Baca Juga :   Promo Nyalakan Kemerdekaan, PLN Beri Diskon Tambah Daya

“Untuk memastikan pasokan listrik aman, kami tak hanya memaksimalkan operasional pembangkit listrik eksisting, tetapi juga menyiapkan suplai cadangan dengan menyiagakan 918 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), genset, maupun unit gardu bergerak (UGB),” ungkapnya.

Baca Juga :   PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk MXGP

Sementara itu, lanjut dia, untuk wilayah Sumatera memiliki kapasitas terpasang 9,3 GW dengan beban puncak 6,8 GW. Sedangkan, Kalimantan saat ini mempunyai kapasitas terpasang 2,7 GW dengan beban puncak 1,7 GW.
Selain itu, pihaknya juga menyiagakan 879 unit UPS, genset dan UGB untuk bisa gerak cepat menyuplai kebutuhan listrik masyarakat di Sumatera dan Kalimantan jika terjadi gangguan.

Baca Juga :   Tekan Impor BBM, Tahun ini PLN Konversi 250 MW Pembangkit Diesel ke Surya

“Untuk wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapana), PLN juga menyiagakan pembangkit dengan total kapasitas terpasang 7,2 GW. Beban puncak wilayah Sumalpana saat ini mencapai 4,7 GW. Kami juga menyiapkan 722 unit UPS, genset dan UGB yang bisa digunakan masyarakat ketika membutuhkan pasokan listrik tambahan,” pungkas dia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO