PLN Siap Pasok Listrik Tanpa Kedip untuk MXGP

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) bersiap menyediakan listrik tanpa kedip atau dikenal Zero Down Time (ZDT) untuk menyukseskan ajang internasional Motocross Grand Prix (MXGP). Rencananya, balap motor itu akan digelar di kawasan Samota, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24-26 Juni 2022 mendatang.

General Manager PLN NTB Sudjarwo mengatakan, setelah berhasil menyukseskan perhelatan internasional MotoGP Mandalika dengan listrik tanpa kedip. Maka, pihaknya kembali bersiap untuk melistriki MXGP. Karena ini merupakan bentuk dukungannya terhadap semua event, baik nasional maupun internasional yang diselenggarakan di seluruh wilayah NTB.

“Pada prinsipnya kami siap mendukung MXGP. Infrastruktur kelistrikan dan juga sumber daya manusia sudah kami siapkan untuk gelaran MXGP. Karena, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah di ajang internasional tersebut,” Djarwo dalam keterangannya, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga :   PLN Ajak UMKM Manfaatkan Abu Sisa Pembakaran Batu Bara

Dia menjelaskan, adapun, MXGP merupakan event balap motor cross yang paling elit, bukan hanya di Asia, tapi merupakan ajang bergengsi di dunia. Kejuaraan ini berada di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), sama halnya seperti kejuaraan MotoGP.

Baca Juga :   PLN Targetkan 15.552 Sambungan Listrik Gratis di Jatim

“Kami melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sumbawa hingga saat ini terus melakukan koordinasi, baik dengan pelaksana event maupun stakeholder terkait untuk mempersiapkan insfrastruktur kelistrikan yang diperlukan selama MXGP berlangsung. Tahapan yang akan dilewati untuk melistriki MXGP adalah sama dengan tahapan yang diimplementasikan untuk MotoGP,” paparnya.

Menurut dia, survey awal dilakukan untuk menentukan besaran daya listrik yang diperlukan. Selain itu, titik-titik lokasi penting yang harus dialiri listrik. Setelah mengetahui kebutuhandan jumlah titiknya, lalu pihaknya akan bergerak untuk membuat masterplan jaringan dan juga akan menentukan kebutuhan materialnya. Kemudian kami akan mulai membangun jaringan dan insfrastruktur kelistrikan di lokasi.

Baca Juga :   Program Mudik Sehat Bersama PLN, Berangkatkan 842 Pemudik

“Untuk kondisi sistem kelistrikan Sumbawa sendiri saat ini masih dalam posisi normal. Total daya mampu sebesar 128,85 MW dengan beban puncak 113,32 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 15,53 MW yang dapat dioptimalkan, baik untuk gelaran MXGP ataupun kebutuhan pendukung yang lain,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO