Penjualan Mobil Listrik Volkswagen Naik 65 Persen

JagatBisnis.com – Volkswagen Group melaporkan hasil penjualan mobil listrik yang melonjak 65 persen pada kuartal pertama 2022, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, didukung pertumbuhan yang menjanjikan di pasar China.

Dalam siaran persnya, Minggu (17/4/2022), Volkswagen mengabarkan bahwa permintaan mobil listrik terus menunjukkan kinerja positif meskipun perusahaan terkendala pasokan komponen chip semikonduktor dan wire harness.

Raksasa otomotif asal Jerman itu melaporkan telah mengirimkan 99.100 unit mobil listrik pada kuartal pertama tahun ini, naik dari tahun sebelumnya sebanyak 60.000 unit.

Baca Juga :   Saat Forum ETWG-1, Delegasi G20 Gunakan Kendaraan Listrik dan SPKLU Milik PLN

China menjadi tulang punggung penjualan Volkswagen dengan penjualan 28.800 unit, atau sepertiga dari total penjualan mobil listrik Volkswagen secara global. Penjualan Volkswagen di China juga naik empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Volkswagen memang sedang memacu pabriknya untuk terus memproduksi mobil listrik. Sebelumnya, mereka meluncurkan versi produksi dari lini produk VW-ID, yakni ID Buzz yang disebut sebagai penerus mikrobus VW Combi dengan penggerak listrik.

Dibuat di Hanover dengan modul yang sebagian besar dipasok dari produksi lokal Volkswagen Group di Jerman, ID Buzz menggunakan baterai lithium-ion 82 kWh dan dapat mencapai kecepatan maksimum 144 km/jam.

Baca Juga :   Ini Alasan Presiden Jokowi Genjot Mobil Listrik

ID Buzz tersedia dalam dua opsi, yakni Buzz mobil penumpang dan versi kargo. Untuk pengisian daya, baterai ID Buzz hanya memerlukan 30 menit untuk kapasitas 5 sampai 80 persen dengan metode fast charging.

Mengutip Reuters, ID Buzz yang menggunakan motor listrik 150-kW berpenggerak roda belakang itu akan mulai tersedia di diler Eropa pada kuartal ketiga tahun 2022. Volkswagen juga menyasar konsumen AS dengan rencana peluncuran ID Buzz mulai akhir tahun 2023.​​​​​​​

Baca Juga :   Amerika Bakal Jadikan 600 Ribu Kendaraan Jadi Mobil Listrik

Berikut hasil penjualan mobil listrik Volkswagen Group pada kuartal pertama 2022:

– Volkswagen ID.4 = 30.300 unit
– Volkswagen ID.3 = 13.000 unit
– Audi Q4 e-tron (termasuk Sportback) = 10.700 unit
– Audi e-tron (termasuk Sportback) = 10.300 unit
– Porsche Taycan (termasuk Cross Turismo) = 9.500 unit. (pia)

MIXADVERT JASAPRO