Indonesia Siap Bangun Jembatan Terpanjang di Atas Laut

JagatBisnis.com –  Untuk meningkatkan konektivitas pulau Batam dan Bintan, Kementerian PUPR bersiap melakukan pembangunan Jembatan Batam-Bintan sepanjang 14,7 km. Jembatan bertipe cable-stayed ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia yang membelah laut, lebih panjang dari Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang panjangnya 5,4 km.

Baca Juga :   Bendungan Disewakan kepada Swasta untuk Pemanfaatan EBT

“Saat ini Jembatan Batam-Bintan sedang dalam tahap studi kelayakan, pembebasan lahan, izin lingkungan, penyiapan dokumen lelang, dan penyampaian readiness criteria,” tulis akun Instagram Kementerian PUPR, dikutip Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, kehadiran jembatan ini diharapkan dapat mengembangkan Batam dan Bintan menjadi kawasan yang lebih potensial, tidak hanya untuk ekonomi dan industri, tetapi juga pariwisata. Adapun nilai investasi jembatan itu mencapai Rp13,6 triliun. Jumlah itu lebih besar dari perkiraan semula yang hanya Rp8,7 triliun.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Anggarkan Rp16,78 Miliar Bangun Rusun Sekolah Seminari di NTT

“Proyek jembatan terpanjang Indonesia ini, kini mulai ditawarkan ke Investor. Sehingga Batam-Bintan ini menjadi program prioritas kita menjadi tidak hanya kawasan industri tapi wisata. Saya juga berharap investasi segera bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan Batam – Bintan, bisa menjadikan kawasan ini potensial bagi pengembangan ekonomi dan pariwisata,” katanya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO