Pembangunan Rusun ASN PUPR di Bogor Hampir Rampung

JagatBisnis.com – Komisi V DPR RI memberikan apresiasi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pelaksanaan program pembangunan Rusun ASN di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Komisi V DPR RI memberikan apresiasi kepada Ditjen Perumahan Kementerian PUPR atas pembangunan Rusun ini dan semoga menjadi alternatif hunian bagi para ASN. Apalagi Rusun ini juga telah dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai, sehingga para ASN yang tinggal di rusun ini nantinya bisa fokus bekerja abdi negara,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi pembangunan Rusun ASN Kementerian PUPR di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan bahwa aspek yang perlu menjadi perhatian dalam membangun Rusun bagi ASN ini yaitu proses percepatan pembangunan agar dapat segera dimanfaatkan oleh ASN. Selain itu, kekuatan bangunan Rusun terhadap bencana gempa bumi juga harus diperhatikan dengan baik oleh pihak kontraktor serta menjaga ketersediaan fasilitas pendukung seperti akses jalan, air bersih, sarana prasarana umum lainnya.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Gandeng Perumas Dorong Pembangunan PSR

Sementara itu, Plt. Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Maryoko Hadi menuturkan bahwa adanya dukungan anggota Komisi V DPR RI terhadap pembangunan Rusun menjadi pemacu semangat bagi pihaknya untuk segera menyelesaikan pembangunan Rusun tersebut.

Ke depan, imbuhnya, pihaknya akan melaksanakan arahan-arahan yang sudah diberikan oleh Komisi V DPR RI serta melaksanakan pembangunan sesuai perencanaan serta dalam hal pengawasan di lapangan.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Bangun Rusun Mini untuk Ponpes di NTB

Berdasarkan data yang ada, Pembangunan Rusun ASN ini dilaksanakan oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Barat Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa II dengan kontraktor pelaksana PT. Gariand Niagatama dan Konsultan Manajemen Konstruksi PT. Yodya Karya (Persero). Adapun lokasinya berada di Jalan Pahlawan Desa Sanja, Kelurahan Citeureup Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pembangunan Rusun menggunakan anggaran APBN senilai Rp 57,2 Miliar.
Progress pembangunan sudah mencapai 91 persen dan ditargetkan akan selesai pada 10 Desember 2021 mendatang.

Rusun ASN Kementerian PUPR di Citeureup ini dibangun dengan tipe 45 terdiri dari 8 lantai dan jumlah unit sebanyak 92 unit dan mampu menampung sekitar 368 orang.

Baca Juga :   Dukung PON XX 2021 Papua, Kementerian PUPR Bangun 15 Rusun untuk Sarana Akomodasi

 

Luas bangunan secara keseluruhan adalah 7.992 meter persegi. Rusun ini juga dilengkapi fasilitas umum dan fasilitas sosial berupa ruang serbaguna, minimarket, mushola dan ruang pengelola.

Setiap unit Rusun memiliki ruang dapur dan meubelair seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi dan setiap unitnya akan ada pendingin ruangan atau AC dan dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran.

“Kami sangat bersyukur anggota dewan telah hadir dan memberikan masukan-masukan yang kami pasti akan laksanakan sehingga Rusun ini bisa selesai sesuai dengan waktunya dengan kualitas yang sesuai standar yang ditetapkan sebelumnya,” tandasnya.(srv)

MIXADVERT JASAPRO