Warga Batam Keluhkan Meroketnya Harga Cabai

JagatBisnis.com – Warga Sagulung, Kota Batam, mengeluhkan terjadinya kenaikan harga cabai sejak beberapa pekan terakhir. Harga cabai terus melonjak terutama pada jenis cabai yakni cabai rawit dan cabai merah.

Di pasar Nasa Poin Sagulung, untuk harga cabai rawit saat ini dibanderol Rp 64 ribu per kilogram, begitu juga dengan jenis cabai merah.

“Ini naik tinggi, mungkin karena jelang bulan Ramadan kali ya,” ungkap seorang warga, Nini (35), Selasa (8/3).

Baca Juga :   Harga Cabai Rawit di Pasar Capai Rp100 Ribu

Dia menyebut kenaikan harga cabai ini telah berjalan dalam beberapa pekan belakangan terakhir. Menurutnya, kenaikan ini terjadi secara menyeluruh di Kota Batam.

“Kita tak tahu naik harga ini. Sementara untuk harga yang lain terpantau normal,” ujarnya.

Ia menjelasan, kenaikan harga kebutuhan bahan pokok itu cukup membuat repot. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat saat ini masih kurang stabil.

“Ekonomi susah harga komoditi naik gimana gak kelabakan kita mas,” katanya.

Baca Juga :   Gegara Harga Cabai Pedas, Petani di Mojokerto Borong Puluhan Motor dan Mobil

Selain cabai, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur yang kini dijual seharga Rp 84 ribu per kilogramnya.

“Di Batam orang beli telur per biji yakni satu biji Rp 1.600 ribu,” bebernya.

Sementara salah seorang pedagang di pasar Nasa Poin, Tia (43), mengatakan jika kenaikan harga kebutuhan bahan pokok ini akan terus terjadi menjelang bulan puasa mendatang.

“Sudah beberapa hari belakangan ini naik diperkirakan sampai lebaran ini,” ucap dia.

Baca Juga :   Jelang Lebaran Haji, Pemerintah Jamin Ketersediaan Cabai

Terkait kenaikan harga ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, menyebut saat ini pihaknya sedang mengupayakan untuk memasok cabai secara langsung dari Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara ke Kota Batam, tanpa melalui pihak ketiga dalam pendistribusiannya.

“Ini bentuk upaya mengantisipasi lonjakan harga karena memang dari sana pemasokan cabai yang dari petani langsung,” ujar Gustian saat dihubungi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO