Ukraina Dapat Bantuan dari Bank Dunia

JagatBisnis.com –  Bank Dunia (World Bank) memberikan bantuan sebesar USD723 juta atau setara Rp10,401 triliun ke Ukraina. Pemberian pinjaman dan hibah tersebut dibutuhkan untuk beperang melawan Rusia. Rinciannya, USD350 juta berupa tambahan pinjaman dan USD139 juta melalui jaminan dari Belanda dan Swedia. Selain itu, USD134 juta dalam bentuk hibah dari Inggris, Denmark, Latvia, Lituania dan Islandia, serta pendanaan paralel sebesar USD100 juta dari Jepang.

Baca Juga :   Dampak Pandemi dan Perang Rusia-Ukraina, Pemerintah Diminta Waspada Krisis Pangan

“Kami mengambil langkah cepat mendukung Ukraina dan rakyatnya dalam menghadapi kekerasan dan gangguan ekstrem yang disebabkan oleh invasi Rusia. Apalagi, anggota kami berdiri bersama rakyat Ukraina. Ini adalah langkah yang kami ambil untuk membantu mengatasi dampak ekonomi dan kemanusiaan yang luas dari krisis ini,” kata Presiden Bank Dunia David Malpass, Selasa (8/3/2022). \

Dia menjelaskan, pihaknya tidak membatasi kegunaan uang tersebut. Karena bantuan tersebut sangat perlu diberikan untuk mendukung Ukraina seperti penyediaan layanan kesehatan hingga program sosial. Pihaknya juga akan memberikan pendanaan USD3 miliar untuk Ukraina dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga :   Warga Sipil Mulai Dievakuasi dari Sejumlah Kota di Ukraina

“Dana itu diberikan untuk membantu para pengungsi Ukraina yang sekarang melebihi 1,7 juta yang mayoritas wanita, anak-anak dan lansia. Bantuan jangka menengah dan panjang memang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan public ditengah tingginya angka pengungsi Ukraina ke negara tetangga,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO