Nadiem: Identitas Bangsa, Bahasa Daerah Jangan Sampai Punah

JagatBisnis.com – Pentingnya bahasa daerah sebagai identitas bangsa. Karena, bahasa daerah merupakan salah satu aset kebhinekaan yang mencerminkan kekayaan Indonesia akan budaya. Jika satu per satu bahasa daerah punah, maka identitas bangsa Indonesia ikut terkikis.

“Bahasa daerah itu adalah khazanah kekayaan kita, kekayaan terbesar kita adalah kekayaan kebhinekaan kebudayaan,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar dalam acara Merdeka Belajar episode 17, bertema “Revitalisasi Bahasa Daerah”, Selasa (22/2/2022).

Menurutnya, punahnya bahasa daerah tidak hanya berdampak bagi identitas bangsa, namun akan berdampak lebih besar, yakni sejarah dan kearifan yang dinilai bangsa luar. Sehingga bangsa Indonesia juga akan kehilangan sejarah dan semua jenis kearifan lokal yang dimiliki.

Baca Juga :   Mulai Januari 2021, Pemda Boleh Buka Sekolah di Semua Zona

“Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan kepemilikan bahasa daerah terbanyak di dunia. Ada sekitar 718 bahasa daerah, ini sungguh suatu hal yang luar biasa, sangat unik Indonesia di panggung dunia. Sehingga masyarakat terus berupaya mempertahankan bahasa daerah yang merupakan identitas dari bangsa Indonesia,” tutupnya. (*/eva)