Viral, Bekas Alat Antigen Ditemukan di Bali

JagatBisnis.com –  Polresta Banyuwangi menggelar investigasi terkait adanya alat bekas antigen yang mengapung di Selat Bali. Video mengenai hal tersebut viral di sosial media.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi, Kompol Jeni Al Jauza, mengatakan pihaknya sudah mendatangi lokasi tempat pembuangan sampah yang diduga limbah medis bekas alat tes antigen.

“Kita sudah melakukan pengecekan Minggu (30/1/2022), setelah viral tentang adanya bungkus rapid antigen di perairan Meneng,” kata Kompol Jeni Al Jauza, kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

Jeni mengatakan, pihaknya menyusuri perairan Selat Bali dengan kapal patroli. Hasilnya, memang ditemukan benda-benda yang seperti dalam video viral tersebut.

Barang bukti tersebut berupa bungkus plastik alat yang digunakan untuk swab pada hidung dan cotton bud. Ditemukan pula karton pembungkus rapid kit.

Baca Juga :   Sampah Medis COVID-19 Ancam Kesehatan Global

“Kita dicek di darat dan memang ada juga, ada sebagian sudah sempat dibakar kita amankan dan kita bawa ke Mako (Markas Komando),” beber dia.

Setelah mengamankan barang bukti, kepolisian langsung memeriksa empat konter dan layanan rapid test yang berada di sekitar lokasi.

Ia menambahkan dari empat tempat yang diperiksa, seluruhnya layanan itu sudah memisahkan limbah medis dan non-medis. Bekas-bekas antigen ada yang sudah dibakar, namun ada pula yang belum dibakar dan masih berada di belakang tempat layanan.

Jeni menduga, sampah-sampah yang belum diambil tindakan itu lah yang terbang ke laut di Selat Bali.

Baca Juga :   KKP Turunkan Tim ke Lokasi Sampah Rapid Antigen

“Namanya orang cari aman ya ditaruh di belakang, dibakar. Karena belum sempat terbakar kena angin terbanglah ke laut karena memang posisinya di tepi laut,” bebernya.

Rencananya, pihaknya akan memanggil Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Kesehatan. Ini untuk mengetahui barang yang diamankan itu masuk kategori limbah sampah, limbah domestik, atau limbah B3.

“Kita butuh itu, nanti pihak mereka yang menjelaskan. Setelah bisa menjelaskan barulah kita akan menentukan langkah selanjutnya,” ucap dia.

Video ribuan limbah bekas rapid test antigen kit yang dibuang ke perairan Selat Bali viral di media sosial.

Baca Juga :   Usai Jalankan Uji Massal COVID-19, Sampah Limbah Medis di China Menggunung

Diduga kuat, limbah medis ini sengaja dibuang ke laut oleh salah satu klinik penyedia jasa rapid tes antigen di sekitar Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Terdapat dua video merekam adanya sampah medis bekas rapid test antigen penumpang yang akan menyeberang ke Bali.

Video pertama berdurasi 30 detik menunjukkan adanya rapid test kit yang terdiri dari ribuan cotton buds rapid test antigen mengambang.

Sementara video kedua, terdapat beberapa rapid test antigen kit yang dibuang dan dibakar di pinggir pantai. Sampah medis itu ditemukan di sepanjang pantai di depan Terminal Sritanjung, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. (pia)

MIXADVERT JASAPRO