Sampah Medis COVID-19 Ancam Kesehatan Global

JagatBisnis.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menemukan puluhan ribu ton sampah medis selama pandemi Covid-19 mengancam kesehatan manusia dan lingkungan. Sampah medis itu terdiri dari bekas jarum suntik, alat uji, dan botol vaksin selama pandemi Covid-19

Pejabat teknikal WHO, Maggie Montgomery mengatakan, barang-barang bekas yang sebagian dapat menularkan virus Corona itu berpotensi menimbulkan luka bakar, luka tertusuk jarum suntik, dan kuman penyakit terhadap para petugas kesehatan.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan sampah medis mengalami peningkatan hingga 10 kali lipat di seluruh fasilitas kesehatan dunia,” katanya di Jenewa, Swiss.

Baca Juga :   KKP Turunkan Tim ke Lokasi Sampah Rapid Antigen

Oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya memperingatkan masyarakat yang dekat dengan tempat pembuangan sampah yang dikelola dengan buruk. Karena sampah medis tersebut dapat menimbulkan peyakit kepada masyarkat sekitar pembuangan sampah. Hama pembawa penyakit bisa menular melalui udara yang terkontaminasi dari pembakaran sampah dan kualitas air yang buruk.

Baca Juga :   Usai Jalankan Uji Massal COVID-19, Sampah Limbah Medis di China Menggunung

“Risiko terbesar bagi masyarakat terutama polusi udara akibat pembakaran sampah medis dapat memicu karsinogen. Maka, kami meminta mengurangi penggunaan kemasan yang menyebabkan tumpukan plastik dan bahan yang dapat didaur ulang,” pungkas Montgomery.
(*/esa)

MIXADVERT JASAPRO