Pentingnya Memupuk Literasi Anak Sejak Dini

JagatBisnis.com – Memupuk literasi anak sejak dini merupakan hal yang harus dilakukan. Karena hal tersebut akan membantu anak ketika menghadapi sekolah formal nantinya.

“Penting untuk kita membangun budaya awal literasi anak pada usia dini,” kata Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Khak, dalam Peluncuran Misi Sekolah Enuma, Rabu (26/1/2022).

Menurut dia, memberikan pengalaman interaksi literasi sejak dini akan membuat anak matang dalam mengikuti pembelajaran sekolah formal. Karena jalan utama dari pendidikan adalah menguatkan karakter anak dan pehamannya mengenai literassi.

Baca Juga :   Inilah 7 Budaya Kaltim yang Masuk Warisan Budaya Tak Benda Nasional

“Literasi akan menjadi navigasi anak dalam memahami keadaan. Dari literasi itu anak bisa mulai melakukan interaski yang kuat, literasi sejak dini akan mekonstruksi cara berfikir anak untuk cakap beradaptasi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kemendikbudristek Ingin Memfasilitasi lingkungan Pembelajaran Dengan Baik

Dia menjelaskan, literasi yang dapat diberikan kepada anak, mulai dari memberikan instruksi tuturan atau ucapan bahasa, dialog dengan kosa kata yang tepat. Anak juga dapat mulai dikenalkan dengan bentuk bahan bacaan cetak.

“Hal itu akan membantu mengembangkan kemampuan berbicara, menanyakan pertanyaan terbuka untuk mengembangkan kecakapan berpikir, berimajinasi bercerita dalam bahasa yang kompleks,” ujarnya.

Khak menambahkan, untuk memupuk literasi anak sejak dini, orangtua harus turut membantu anak dalam meningkatkan akses bacaan. Hal itu bisa didapat dari berbagai sumber belajar yang cepat dan mudah diakses oleh anak.

Baca Juga :   Kemendikbudristek Gandeng TikTok Hadirkan #SerunyaBelajar

“Nantinya guru dan tenaga kependidikan, dan orangtua dapat berkolaborasi lebih lanjut ketika anak sudah masuk ke sekolah. Sehingga anak terus mendapatkan hak literasinya untuk menjelajah dunia dengan lebih baik,” pungkas Khak. (eva)

MIXADVERT JASAPRO