Ekbis  

Dukung Penuh Pembangunan Ekonomi Daerah, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan Pemprov dan BPS

JagatBisnis.com –  Dalam upaya membangun perekonomian daerah, Bea Cukai melalui kantor-kantor vertikalnya menjalin sinergi dan aktif berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait. Kasubdit Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan dua kantor vertikal Bea Cukai, yaitu Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) dan Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim) membuka tahun 2022 dengan melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan.

Kanwil Bea Cukai Sulbagsel dan Bea Cukai Parepare pada tanggal 3 Januari 2022 lalu menggelar forum diskusi dengan Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar dan jajaran. Dalam forum yang dilaksanakan di Gedung PKK Pemprov Sulbar itu, kedua pihak berkomitmen untuk membangun perekonomian Sulawesi Barat, melalui pembentukan unit layanan kepabeanan dan cukai di provinsi tersebut.

“Melalui forum itu, Bea Cukai menegaskan komitmen untuk senantiasa mendukung dan memberi respons cepat upaya Pemprov Sulbar dalam percepatan pembangunan ekonomi di daerahnya. Visi, misi, dukungan penuh, dan koordinasi aktif diperlukan oleh seluruh unit terkait dalam percepatan pembangunan Provinsi Sulbar, mengingat potensi besar yang dimiliki provinsi ini,” ungkap Hatta.

Baca Juga :   Bea Cukai Kembali Edukasi Masyarakat Tentang IMEI dan Aturan Kepabeanan Lainnya Lewat Gelaran Sosialisasi

Mengutip sambutan Gubernur Sulawesi Barat, Hatta menyampaikan bahwa Pemprov Sulbar menyambut baik gerak cepat dan sinergi jajaran Bea Cukai dalam mendukung pemprov mengkolaborasikan unit-unit terkait, sehingga potensi yang besar dapat terstimulasi menjadi industri yang berorientasi ekspor.

Baca Juga :   Bea Cukai Tanjungpandan dan Kanwil Bea Cukai Sumbagtim Gagalkan Penyelundupan Miras Ilegal

“Harapan besar atas pembangunan Sulbar tercermin melalui pernyataan dan beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh perwakilan pemprov yang hadir dalam forum diskusi tersebut. Kami berharap kolaborasi seluruh unit mampu memberikan bukti nyata membangun ekonomi masyarakat Sulbar sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional, melalui pengembangan komoditi yang diyakini punya daya saing dalam mendorong ekspor,” harapnya.

Selain menjalin sinergi dengan pemerintah daerah, Bea Cukai melalui Kanwil Bea Cukai Sumbagtim menggandeng BPS Sumsel dalam mendukung penguatan fungsi Sekretariat Bersama (Sekber) Kementerian Keuangan melalui pembentukan Portal Gedung Keuangan Negara (GKN), yang akan dilengkapi dengan data yang dapat dianalisis, sehingga membutuhkan data serta informasi yang aktual dan komperhensif.

Baca Juga :   Terus Berlanjut, Bea Cukai Sosialisasikan Aturan Kepabeanan di Berbagai Daerah

“Pertemuan antara Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Sugeng Apriyanto dengan Kepala BPS Sumatera Selatan, Dr. Ir. Zulkipli, M.Si tersebut juga merupakan wujud sinergi, utamanya dalam mendukung program Satu Data Indonesia, terutama di wilayah Sumatera Selatan, yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Satu Data Indonesia merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antarinstansi pusat dan daerah,” tutup Hatta.(srv)

MIXADVERT JASAPRO