Ekbis  

Nataru, Trafik Data Telkomsel Melonjak Hingga 10 Persen

JagatBisnis.com – Trafik akses layanan data/internet broadband Telkomsel meningkat hingga 10 persen dari rerata payload pada momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) dibandingkan hari biasa tahun 2021. Sedangkan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, trafik layanan data perseroan tahun ini melonjak hingga 22 persen.

“Telkomsel sebagai society enabler akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan untuk menghadirkan solusi digital inovatif dalam bentuk produk dan layanan yang customer-centric, serta konektivitas berteknologi terdepan yang andal dan merata,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidi, dslam keterangan tertulis, Senin (3/1/2022).

Denny menjelaskan, selama momen malam Natal 2021 aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital semakin meningkat yang berdampak pada kenaikan payload jaringan broadband Telkomsel sebesar 6 persen dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2021. Jumlah tersebut tumbuh 22 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Telkomsel Sudah Siapkan Jaringan untuk Melayani Pelanggan di Tahun Baru

“Sedangkan pada malam pergantian Tahun Baru 2022, lonjakan trafik data mencapai 10 persen dibandingkan hari biasa 2021, atau meningkat hingga 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Secara keseluruhan, total trafik payload broadband selama momen Nataru mencapai 44 Pb atau tumbuh sekira 20 persendibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.,” ungkapnya.

Baca Juga :   Baru 6 Lokasi yang Dapat Jaringan 5G Telkomsel di Indonesia

Menurut dia, lonjakan trafik komunikasi layanan digital di periode Nataru juga didorong dengan peningkatan aktivitas layanan digital seperti akses layanan e-commerce yang tumbuh hingga 21 persen, akses social media mencapai 15 persen, aktivitas browsing tumbuh 11 persen.

“Selain itu, streaming video sekira 13 persen, mobile gaming melonjak 87 peasen, dan akses communication (instant messaging dan video conference) mencapai 12 persen, dibandingan trafik pada hari biasa 2021,” paparnya.

Peningkatan lain, lanjutnya, peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi platform seperti YouTube, Facebook, TikTok, WhatsApp dan Instagram yang turut memberikan kontribusi tertinggi terhadap pertumbuhan trafik penggunaan layanan data secara umum.

Dia menambahkan, berdasarkan wilayah, jika dibandingkan dengan hari biasa 2021, peningkatan trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah operasional Bogor (Jawa Barat) sebesar 16 persen, wilayah Deli Serdang (Sumatera Utara) dengan peningkatan payload sebesar 15 persen, wilayah Simalungun (Sumatera Utara) sekira 36 persen,

Baca Juga :   Telkomsel Punya Fitur Penyamaran Nomor Telepon, Gojek Sudah Pakai

“Sedangkan, wilayah Bandung (Jawa Barat) tumbuh 10 persen, dan Bekasi (Jawa Barat) dengan lonjakan hingga 9 persen,” ulas dia.

Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) pada periode Nataru jika dibandingkan dengan hari biasa 2021, tercatat trafik SMS tumbuh 11 persen. Sementara untuk layanan suara, trafiknya turun sekira satu persen.

“Kami juga mencatat mobilitas pelanggan yang meninggalkan Pulau Jawa mencapai 3.69 juta pelanggan, sedangkan pelanggan yang memasuki wilayah Pulau Jawa mencapai sekira 3.61 juta pelanggan,” tutupnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO