Kembangkan KA Perkotaan, KAI dan Pemkot Bogor Jalin Kerjasama

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Kota Bogor tentang Pengembangkan Perkeretaapian Perkotaan di Kota Bogor. Penandatanganan MoU ini sebagai komitmen awal dan landasan bagi untuk melaksanakan sinergi berdasarkan kewenangan, kompetensi, program, dan kegiatan yang saling mendukung dalam pengembangan perkeretaapian di Kota Bogor.

“Ruang lingkupnya meliputi perencanaan bentuk kerjasama yang saling menguntungkan masing-masing pihak serta melakukan kajian-kajian terhadap pengembangan perkeretaapian perkotaan di Kota Bogor,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo seperti dikutip dari laman resmi, Sabtu (18s12/2021).

Dia menjelaskan, kerja sama ini merupakan suatu langkah kongkrit antara Pemerintah Daerah dan BUMN dalam memberikan layanan transportasi yang terintegrasi untuk masyarakat khususnya di Kota Bogor. Maka, kerja sama ini merupakan suatu langkah strategis kedua pihak untuk terus berkolaborasi dalam mengembangkan perkeretaapian di Kota Bogor.

Baca Juga :   Pergeseran Jembatan Rel KA Trans Sulawesi Pakai Sistem Hidrolik

“Kami akan terus berkolaborasi membangun kerjasama yang sinergis dengan stakeholder dan mendukung kemajuan ekosistem transportasi di Indonesia dengan terus menghadirkan upaya solusi transportasi yang terintegrasi yang berbasis konektivitas antar moda. Sebagaimana visi kereta api menjadi ekosistem transportasi terbaik di Indonesia,” terangnya.

Baca Juga :   Pelanggan KA Jarak Jauh yang Belum Booster Wajib Tes PCR

Menurut dia, kawasan di Kota Bogor akan dibangun secara inklusif berbasis pengembangan urban transport kereta api (KA) perkotaan. Pengembangan Perkeretaapian Perkotaan tersebut akan mengusung konsep Transit Oriented Development yang diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi Kota Bogor.

Baca Juga :   KAI: Komunitas Railfans Sangat Berperan dalam Kelancaran Angkutan Lebaran

“Pengembangan Perkeretaapian ini juga diharapkan akan semakin mempermudah mobilisasi masyarakat Koa Bogor menjadi lebih fleksibel dan lebih efisien dengan terintegrasinya stasiun antar moda,” tutup Didiek. (eva)