KAI Gandeng Perumnas untuk Pembangunan Stasiun Baru

JagatBisnis.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Perum Perumnas menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Rencana Kerja Sama Pembangunan Stasiun Baru Parayasa dan Peningkatan Aksesibilitas Stasiun Parung Panjang. MoU ini dimaksudkan sebagai langkah awal dan dasar bagi KAI dan Perumnas untuk melaksanakan kerja sama dengan berlandaskan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance.

“Penandatanganan MoU ini sebagai langkah konsisten antara KAI dan Perumnas untuk terus berkolaborasi melakukan optimalisasi pemanfaatan lahan yang strategis dan membangun kawasan yang terintegrasi TOD,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo seperti dikutip dari laman resmi kai.id, Senin (13/12/2021).

Menurut Didiek, pembangunan hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi publik seperti KA sejalan dengan program pemerintah yang terus mendorong peningkatan efisiensi perkotaan di Indonesia. Hal ini juga merupakan penjabaran dari visinya yang menjadi solusi ekosistem terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga :   KRL Yogyakarta-Solo Telah Diresmikan Hari Ini

“Melalui MoU ini, kami dan Perumnas berencana membangun stasiun baru di Desa Lumpang, Kec. Parung Panjang, Kab. Bogor serta membangun akses baru bagi pedestrian di sisi selatan Stasiun Parung Panjang berupa jembatan penyeberangan dan fasilitas Commuter Junction. Tujuannya, untuk meningkatkan efektifitas dan memberikan kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang lebih luas,” imbuhnya.

Baca Juga :   Syarat Booster, Penumpang KAJJ Capai 96 Persen

Dia memaparkan, adapun stasiun baru yang akan dibangun tersebut akan dilayani KRL rute Tanah Abang, Serpong, Parung Panjang, Maja, dan Rangkasbitung. Saat ini terdapat 210 perjalanan KRL per hari untuk lintas Tanahabang-Rangkasbitung, dengan rata-rata volume pengguna KRL per hari sebanyak 77 ribu pengguna.

“Dengan adanya rencana stasiun baru dan juga pengembangan stasiun tersebut, diharapkan jumlah pengguna KRL yang terlayani akan semakin meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro menanmbahkan, dengan adanya MoU ini, pihaknya ingin kerja sama dengan KAI tidak hanya terbatas pada optimalisasi lahan idle di stasiun-stasiun KRL, seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Namun juga berkembang menjadi kerja sama pada konsep TOD Rumah Tapak, dengan dilakukannya pembangunan stasiun baru yang lokasinya tepat berada di perumahan tapak Perumnas yaitu Samesta Parayasa, Parung Panjang.

Baca Juga :   HUT Cirebon ke-653 Cirebon, KAI Daop 3 Cirebon Beri Diskon Khusus hingga Juli

“Kami sangat menyambut baik adanya sinergi ini. Oleh karena itu, kami yakin dan optimis kerja sama ini akan dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi para penghuni perumahan Samesta Parayasa dan masyarakat sekitar pada umumnya,” tutup Budi. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO