Penderita Sistem Imun Lemah Bisa Dapat Vaksin Covid-19 Booster

JagatBisnis.com – Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah, maka wajib mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 booster. Sistem kekebalan dapat melemah karena penyakit kanker, transplantasi organ, maupun penyakit kronis. Sehingga lebih cenderung memiliki gejala yang lebih buruk, bila terkena Covid-19.

“Seseorang yang memiliki sistem imun yang rendah, sistem imun yang terbentuk tidak akan sama dengan orang normal. Sehingga wajib mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga,” kata Dokter Marwa Kaisey, seorang neuroimmunologist dan asisten profesor neurologi di Cedars-Sinai di Los Angeles, seperti dikutip dari USNews, Senin (6/12/2021).

Dia menjelaskan, istilah dosis tambahan dan suntikan booster tidaklah sama. Dosis tambahan dimaksudkan untuk memberikan pasien immunocompromised tingkat perlindungan yang serupa dengan orang yang divaksinasi lengkap dengan sistem kekebalan yang sehat.

Baca Juga :   Hore! Vaksin Booster Gratis untuk Semua Masyarakat Indonesia

“Sebaliknya, suntikan vaksin Covid-19 booster diberikan kepada orang yang divaksinasi lengkap yang perlindungannya terhadap virus secara alami berkurang seiring waktu. Ketika orang dengan gangguan kekebalan harus mendapatkan suntikan tambahan tergantung pada kondisi spesifik mereka,”‘terangnya.

Baca Juga :   Vaksinasi Booster Masih di Bawah 30 Persen, Pemda Diminta Kebut

Sementara itu, Direktur Program Nefrologi dan Imunologi Transplantasi Cedars-Sinai, Dokter Stanley Jordan, menambahkan, dosis tambahan‘sangat, sangat penting bagi pasien transplantasi. Hal tersebut karena pasien minum obat yang menekan sistem kekebalan untuk mencegah penolakan organ.

Baca Juga :   Tiga Vaksin Ini Bisa Beri Kekebalan Lebih Tinggi

“Pasien yang akan mendapat dosis ketiga harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Pasien immunocomprimised yang divaksin dosis tambahan ini harus mempertimbangkan waktu mereka meminum obat penekan kekebalan,” pungkasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO