BRI Mampu Kuasai 67,4 Persen Kredit UMKM Nasional

JagatBisnis.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) telah menyalurkan kredit UMKM sebesar 67,4 persen dari total kredit UMKM nasional. Angka pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah recovery.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan pihaknya melihat kecenderungannya selama 4 bulan hingga 5 bulan kredit usaha mikro dan kecil BRI masih dan posisinya sudah mencapai di atas sebelum adanya Covid.

“Saat ini tinggal bagaimana kita menjaga kondisi pengendalian Covid-19 ini agar semakin baik dengan tetap menjaga disiplin protokol kesehatan,” ujar Supari dalam keterangan tertulis pada Rabu (1/12/2021).

Baca Juga :   Inilah Jam Layanan Operasional BRI Terbaru saat PPKM Dilonggarkan

Dia menjelaskan, dari laporan publikasi BRI hingga kuartal III tahun 2021, tercatat kredit UMKM tumbuh 12,5 persen yoy. Sehingga nominalnya kini telah mencapai Rp848,6 triliun. Selain itu, kapasitas menabung pelaku UMKM sudah mulai menanjak. Pihaknya menggambarkan, sebelum pandemi persentase pertumbuhan mencapai 16 persen.

Baca Juga :   BRI Hadirkan Solusi Finansial bagi Perusahaan Sekuritas

“Hingga kuartal ketiga 2021 persentase pertumbuhannya sekitar 6,3 persen. Tren ini diproyeksikan tren ini akan terus meningkat dan tahun depan pertumbuhannya sudah akan mendekati pre-covid,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya juga mendorong para pelaku UMKM semakin adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnisnya. Karena BRI telah mempunyai framework pemberdayaan yang sangat terstruktur. Pemberdayaan tersebut dimulai dari literasi dasar, literasi bisnis untuk meningkatkan kapasitas, maupun literasi digital untuk semakin beradaptasi terhadap kebutuhan bisnis di tengah pandemi.

Baca Juga :   BRI Tumbuh Berkelanjutan dengan sejumlah Aksi Korporasi

“Kami memiliki model bisnis yang sangat efisien. Dimana, para pelaku UMKM dapat melakukan self assessment untuk meningkatkan skala usaha,” tutup Supari. (*/eva)