Masyarakat Diminta Waspada, BMKG: Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

JagatBisnis.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofifikasi (BMKG) mengeluarkan peringatan dini, cuaca ekstrem sepekan ke depan. Masyarakat pun diminta waspada.

Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, fenomena La Nina turut andil dalam peluang cuaca ekstrem di Indonesia ini. Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung paling tidak hingga Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral.

La Tidak hanya fenomena La Nina, Guswanto berkata, ternyata fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Kelvin yang disertai adanya Rossby Ekuatorial.

Baca Juga :   BMKG: Hujan pada Musim Kemarau karena Gangguan Atmosfer

“Fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia bersamaan dengan fenomena gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial yang dapat berkontribusi pada peningkatan awan hujan,” jelas Guswanto melalui keteranganya, Sabtu (3/4/2021).

BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya potensi cuaca ekstrem yang diakibatkan oleh dinamika atmosfer, dua bibit siklon tropis.

Pertama adalah bibit siklon tropis 90S di Samudera Hindia barat daya Sumatera. Kedua, bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur.

Intensitas kedua bibit siklon tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga :   Angin Kencang, 19 Pohon di Jakarta Tumbang

“Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” paparnya.

Selain berpengaruh terhadap pertumbuhan awan hujan, bibit siklon tropis juga dapat mendorong peningkatan kecepatan angin. Ini akan berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang atau potensi gelombang tinggi di sebagian wilayah perairan Indonesia.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :   La Nina Mengancam Indonesia, Stafsus Sri Mulyani: Kita Punya Kebijakan EBT Untuk Menghadapi Perubahan Iklim

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem.

Di antaranya seperti hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang, gelombang tinggi, dan lain sebagainya.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan waspada dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan lain-lain.(HAB)

MIXADVERT JASAPRO