Jelang Pemilu 2024, Jumlah Pemilih di Karimun Capai 168 Ribu Jiwa

JagatBisnis.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terus melakukan pendataan terhadap Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB). Update data terakhir pada Juni 2022, jumlah pemilih mencapai 168 ribu jiwa.

Dari jumlah itu, rinciannya adalah untuk pemilih laki-laki berjumlah 85.254 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 83.114 jiwa. Bahkan, menurut Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, jumlah pemilih dapat berubah setiap bulannya.

“Update terakhir, bulan Juni kemarin yaitu sebanyak 168.386 jiwa. Namun, data ini bisa berubah-ubah seiring waktu,” kata dia, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga :   Jika Parpol Ingin Ikut Pemilu 2024, KPU: Ini Syaratnya

Salah satu faktor berubah jumlah pemilih tersebut, karena adanya pemilih yang pindah daerah. Lalu adanya tambahan pemilih baru, serta ada juga pemilih yang meninggal dunia.

Baca Juga :   KPU Diminta Siapkan Penjabaran Anggaran Pemilu 2024

“Karena setiap tempat atau wilayah ada pemilihnya yang meninggal dunia atau pemilih baru,” ucap Eko.

Disebutkannya, pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 nanti, akan ada dua jenis Pemilihan. Di antaranya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga :   PDIP Menolak Wacana Penundaan Pemilu 2024 dan Siap Bertarung

Lalu, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Wali kota dan Bupati yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

“Ini tentunya menjadi tantangan besar dan persiapan yang matang bagi kami di KPU dan Bawaslu dalam menghadapi situasi itu nantinya,” ujar Eko. (pia)

MIXADVERT JASAPRO