Kemendagri Dorong Kemenkeu Segera Cairkan Anggaran KPU untuk 2022

JagatBisnis.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera mencairkan anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk 2022. Anggaran Pemilu 2024 yang dibutuhkan pada 2022 sebesar Rp8,06 triliun. Karena dari total anggaran tersebut, baru Rp2,4 triliun yang sudah cair atau teralokasi di dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Itu artinya, hingga saat ini anggaran KPU yang belum cair sebesar Rp5,6 triliun.

“Kami mendorong KPU untuk mengajukan usulan kebutuhan dan Kemenkeu harus segera mencairkan anggaran itu. Karena keputusan terkait pendanaan ada di Kemenkeu dan KPU,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Imran, Kamis (7/7/2022).

Secara terpisah, Komisioner KPU Yulianto Sudrajat menjelaskan kebutuhan anggaran Rp8,06 triliun itu akan dialokasikan untuk kebutuhan KPU pusat Rp0,9 Triliun. Kemudian, untuk KPU Provinsi Rp1,3 triliun dan KPU kabupaten/kota sebesar Rp 5,7 triliun. Anggaran KPU tahun ini belum dialokasikan secara penuh lantaran Kemenkeu masih menunggu penetapan Peraturan KPU (PKPU) Tahapan Pemilu 2024.

Baca Juga :   Kemiskinan Ekstrem di DKI Jakarta, Perlu Perhatian Khusus

“Setelah penetapan PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu 2024, Kemenkeu akan membahas kekurangan anggaran tersebut. Untuk mencairkan anggaran tersebut, kami akan mengajukan permintaan anggaran tambahan Tahun Anggaran (TA) 2022 kepada Menteri Keuangan berdasarkan pada persetujuan dari Komisi II dan Banggar DPR RI,” paparnya.

Baca Juga :   Kemendagri: Pemilu 2024 Adalah Kontestasi Megapolitik

Dia menerangkan, bila pengajuan anggaran tambahan tersebut disetujui, maka dilakukan pembahasan antara Setjen KPU dan Dirjen Anggaran Kemenkeu terhadap detil anggaran tambahan. Dari hasil pembahasan tersebut, maka akan dilakukan penambahan anggaran melalui anggaran Bendahara Umum Negara (BUN) kepada DIPA KPU 2022.

Baca Juga :   Kemendagri Minta Pemda Susun APBD 2023 Fokus Hapus Kemiskinan

“Terkait waktu kapan dapat dilakukan penelaan/pembahasan dengan Dirjen Anggaran Kemenkeu (DJA), tergantung persetujuan Menkeu untuk membahas. Adapun total keseluruhan anggaran untuk persiapan hingga penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang sebesar Rp 76,6 triliun,” tutup Yulianto. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO