BSI Dukung Program Sejuta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

JagatBisnis.com – Program Sejuta Rumah bakal semakin kuat dengan bergabungnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang akan mengakselerasi program tersebut dengan pembiayaan sesuai prinsip syariah, termasuk skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Salah satu langkah yang ditempuh untuk meraih target tersebut dengan menandatangani perjanjian kerja sama tripartit antara Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR dan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Wakil Direktur Utama I BSI, Ngatari mengatakan sinergi ini merupakan bentuk keseriusan perseroan dalam mendukung program sejuta rumah dalam penyediaan rumah layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Selain itu, kerja sama ini juga berupaya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk memiliki rumah melalui pembiayaan sesuai syariah, kompetitif, dan cepat.

“Hingga akhir tahun, kami berharap penyaluran pembiayaan FLPP dapat menembus Rp1,5 triliun. Apalagi, pembangunan Program Sejuta Rumah untuk MBR sebanyak 743.712 unit,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga :   Kuartal I/2022, BSI Salurkan Pembiayaan Senilai Rp177,51 Triliun

Dia mengungkapkan, penyaluran pembiayaan FLPP hingga Oktober 2021 mencapai Rp5 triliun dengan total penjualan lebih dari 49 ribu unit rumah. Rumah tersebut tersebar di area Aceh, Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin dan Makassar

Baca Juga :   BSI Segera Buka Kantor Perwakilan di Dubai

“Sisi kualitas pembiayaan juga cukup baik dengan kisaran di bawah 3 persen. Artinya, kami mampu menjaga performa pembiayaan tetap sehat dan sustain. Selain itu, masyarakat MBR diharapkan mampu memperoleh hunian layak sesuai kapasitas pendapatan yang dimiliki,” terangnya.

Menurut dia, dengan adanya kerjasama ini, pihaknya berharap menjadi one stop solution service untuk memberikan layanan pembiayaan rumah BSI Griya Hasanah untuk pembiayaan regular serta pembiayaan FLPP bagi segmen masyarakat berpenghasilan rendah.

“Untuk memperluas akses kepemilikan rumah, saat ini BSI FLPP telah menggandeng lebih dari 4.000 developer berskala nasional di antaranya Ciputra, Jaya Property, Alam Sutra, Metland, MAS Group, dan lainnya,” bebernya.

Baca Juga :   Semester II 2022, BSI Kantongi Laba Bersih Rp2,13 Triliun

Dia menambahkan, hingga akhir kuartal III 2021, pihaknya telah menyalurkan pembiayaan produk Griya Hasanah (KPR) mencapai Rp40 triliun. Pencapaian itu naik sekitar 10,40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020, dan didominasi oleh pembelian rumah baru.

“Saat ini, kami berada pada posisi kelima terbesar secara nasional sebagai bank penyalur pembiayaan rumah. Mayoritas penyaluran pembiayaan rumah oleh BSI didominasi di Pulau Jawa sebesar 68 persen dan di luar pulau Jawa 32 persen,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO