BRI Antisipasi Kejahatan Skimming, Terkait Saldo Tabungan Nasabah

JagatBisnis.com – Seorang nasabah Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI) asal Yogyakarta, melaporan kehilangan uang senilai Rp38,4 juta dari saldo tabungannya, Kamis (25/11/2021). Uang dalam tabungannya hanya disisakan Rp95 ribu. Walaupun uangnya telah kembali, tapi pelapor tetap merasa kecewa. Karena tidak mendapatkan penjelasan detil terkait kasus tersebut. Pihak bank hanya menyampaikan jawaban dugaan yang tidak jelas.

Menanggapi kasus tersebut, Pemimpin Cabang BRI Yogyakarta Katamso Rahmad Budi Sulistia mengaku sudah menerima dan menindaklanjuti pengaduan nasabahnya. Saat ini pihaknya tengah melakukan investigasi atas pengaduan tersebut. Apabila terbukti, karena tindak kejahatan skimming, pihaknya akan bertanggung jawab menyelesaikan hal tersebut.

“Saat ini kami juga telah melakukan antisipasi untuk memerangi kejahatan skimming. Caranya, kami melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk menangkap sindikat kejahatan skimming. Dimana, tidak hanya nasabah yang menjadi korban, namun kami juga,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga :   Hingga Agustus 2022, Transaksi QRIS BRI 14,05 Juta

Dia menjelaskan, untuk mencegah terjadinya permasalahan yang sama, pihaknya menghimbau agar nasabah lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi perbankan, rutin melakukan penggantian PIN kartu ATM. Selain itu juga menjaga kerahasiaan data nasabah seperti nomor rekening tabungan, nomor kartu, nomor CVV kartu kredit, nomor OTP transaksi, dan lain-lain kepada pihak manapun, termasuk yang mengatasnamakan bank.

Baca Juga :   BRI Perkuat Layanan Digital Saving untuk Ekosistem Pasar Modal Indonesia

“Apabila mendapat notifikasi melalui sms/email atas transaksi yang tidak dilakukan, agar nasabah segera menghubungi Contact BRI 14017/1500017 untuk melakukan disable/pemblokiran kartu ATM. Apabila hendak menggunakan ATM perbankan dimana pun agar selalu memeriksa kondisi sekitar dan kewajaran dari mesin ATM tersebut. Input PIN anda sembari menutup dengan tangan untuk menjaga kerahasiaan,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO