Waduh, Pakai Masker Terus Menerus Tanpa Ganti Picu Kena Jamur Hitam

JagatBisnis.com –  Di tengah meningkatnya kasus Covid-19, India juga diserang wabah jamur hitam. kabarnya, infeksi jamur hitam merebak pada pasien Covid-19 terus menerus tanpa diganti.

Masyarakat India beranggapan bahwa penggunaan masker bisa meningkatkan risiko munculnya jamur hitam tersebut. Apakah hal tersebut benar adanya?

Menanggapi hal ini, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban mengatakan, sampai saat ini belum ada jawaban pasti mengenai pertanyaan penggunaan masker bisa menyebabkan infeksi jamur hitam.

“Apakah pemakaian masker berulang kali menjadi penyebab jamur hitam merebak di India? Bisa iya, bisa tidak. Di sana juga masih sebatas dugaan,” kata Prof Beri, sapaannya, di Twitter, Kamis (27/5/2021).

Prof Beri melanjutkan, jamur hitam ini pada dasarnya bisa ditemukan di mana-mana, misalnya di tanah dan di bahan organik seperti daun. “Karena ada di mana-mana, bisa saja jamur hitam itu tumbuh di masker yang lembap dan dipakai berulang kali,” terangnya.

Karena itu, Prof Beri menyarankan agar semua orang menjaga kebersihan, termasuk kebersihan masker. “Masker harus sering diganti, jangan dipakai berulang,” sarannya.

“Jika digunakan selama berhari-hari, tentunya ada risiko pertumbuhan jamur di masker yang akan memengaruhi kulit, hidung, mulut, dan paru-paru,” tambah Prof Beri.(HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button