Santri Pesantren dan Ulama Minta Tak Dilarang Mudik

JagatBisnis.com –  Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin yakni Masduki Baidlowi menjelaskan terkait permintaan Ma’ruf yang meminta dispensasi dispensasi untuk para santri yang mondok di pesantren dan para ulama untuk diperbolehkan mudik.

Menurut Masduki, permintaan tersebut bukan datang dari Ma’ruf Amin melainkan datang atas permintaan pimpinan pesantren dan para ulama.

“Jadi ide ini bukan dari Wapres, tetapi Wapres merespons terhadap ulama-ulama pimpinan pesantren yang khawatir santrinya enggak bisa pulang teradang di jalan,” kata Masduki saat memberikan konfirmasi, Sabtu (24/4/2021).

Dia menjelaskan ide untuk memfasilitasi kepulangan santri berasal dari usulan PBNU. Hal tersebut setelah PBNU mendapat banyak keluhan dari sejumlah ulama pimpinan pesantren.

“PBNU kemudian menyampaikan hal tersebut pada Wapres, lewat Jubir Wapres,” bebernya.

Salah satu pertimbangannya kata dia, yaitu santri adalah komunitas yang belajar dalam asrama secara khusus. Sudah lama belajar dan belum pulang dalam waktu lama. Kedua, kepulangannya memakai kendaraan khusus atau sewa bus sampai ke tujuan. Ketiga kata Masduki, mereka mematuhi standar protokol kesehatan.

“Keempat, gubernur Jatim sudah memberi kemudahan atas kepulangan para santri tersebut. Atas dasar itu, maka Wapres meminta agar PBNU membuat surat pada Mabes Polri/Kaditlantas untuk meminta izin agar difasilitasi kepulangan mereka,” bebernya. (HAB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button