Santri Pesantren dan Ulama Minta Tak Dilarang Mudik

JagatBisnis.com –  Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin yakni Masduki Baidlowi menjelaskan terkait permintaan Ma’ruf yang meminta dispensasi dispensasi untuk para santri yang mondok di pesantren dan para ulama untuk diperbolehkan mudik.

Menurut Masduki, permintaan tersebut bukan datang dari Ma’ruf Amin melainkan datang atas permintaan pimpinan pesantren dan para ulama.

“Jadi ide ini bukan dari Wapres, tetapi Wapres merespons terhadap ulama-ulama pimpinan pesantren yang khawatir santrinya enggak bisa pulang teradang di jalan,” kata Masduki saat memberikan konfirmasi, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga :   Jokowi: Utamakan Keselamatan dengan Tak Mudik

Dia menjelaskan ide untuk memfasilitasi kepulangan santri berasal dari usulan PBNU. Hal tersebut setelah PBNU mendapat banyak keluhan dari sejumlah ulama pimpinan pesantren.

Baca Juga :   Kebijakan Larangan Mudik Diminta Dikaji Kembali

“PBNU kemudian menyampaikan hal tersebut pada Wapres, lewat Jubir Wapres,” bebernya.

Salah satu pertimbangannya kata dia, yaitu santri adalah komunitas yang belajar dalam asrama secara khusus. Sudah lama belajar dan belum pulang dalam waktu lama. Kedua, kepulangannya memakai kendaraan khusus atau sewa bus sampai ke tujuan. Ketiga kata Masduki, mereka mematuhi standar protokol kesehatan.

Baca Juga :   Doni Monardo Sebut Risiko Besar jika Mudik Tidak Dilarang

“Keempat, gubernur Jatim sudah memberi kemudahan atas kepulangan para santri tersebut. Atas dasar itu, maka Wapres meminta agar PBNU membuat surat pada Mabes Polri/Kaditlantas untuk meminta izin agar difasilitasi kepulangan mereka,” bebernya. (HAB)

MIXADVERT JASAPRO