Produsen Sediakan Minyak Goreng Hingga Natal

JagatBisnis.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengapresiasi komitmen produsen yang menyediakan minyak goreng kemasan sederhana sebanyak 11 juta liter dengan harga Rp14 ribu per liter di tengah kenaikan harga minyak goreng.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Oke Nurwan mengatakan minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter disediakan oleh produsen yang tergabung dalam Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) bekerja sama dengan ritel modern anggota Aprindo. Penyediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga terjangkau dilakukan minimal hingga jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Penyalurannya dimulai awal November di AEON Jakarta Garden City dan segera diikuti ritel modern lainnya, dengan penjualan dibatasi 1 kemasan per orang per hari,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (16/11/2021).

Dia menjelaskan, diharapkan, produsen minyak goreng lainnya mengikuti untuk menambah ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga terjangkau. Adapun kenaikan harga minyak goreng terjadi karena imbas dari kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO) selaku bahan baku minyak goreng.

“Kami telat menetapkan harga acuan penjualan minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp11 ribu per liter. Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen,” pungkasnya. (*/eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button