Perkuat Fungsi Pengawasan, Bea Cukai Pastikan Sinergi dengan Instansi Lainnya Terjalin Erat

JagatBisnis.com –  Dalam melaksanakan tugas di bidang pengawasan, Bea Cukai kerap bekerja sama dan menjalin sinergi dengan instansi dan aparat penegak hukum lainnya.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, Senin (18/10), mengtakan kantor-kantor pelayanan daerah terus menginisiasi kegiatan-kegiatan yang dapat memperkuat sinergi Bea Cukai di bidang pengawasan, seperti dengan BNN, Polri, dan Karantina. “Hal ini kami lakukan untuk memaksimalkan kinerja tiap-tiap instansi dan meminimalisir gap komunikasi antarinstansi,” jelasnya.

Disebutkan Firman, pada tanggal 14 Oktober 2021 lalu, sebagai bentuk sinergi komunitas pelabuhan laut Bitung dan memenuhi undangan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, Bea Cukai Bitung berpartisipasi dalam kegiatan patroli bersama. Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya tim dari Kesyahbandaram dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Bitung (KSOP Bitung), Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Bitung (BKIPM Bitung), dan Kepolisian Sektor Matuari Kota Bitung (Polsek Matuari).

“Operasi bersama ini diadakan sebagai wujud hadirnya pemerintah dalam menjaga wilayah perairan dalam hal ini perairan Selat Lembeh,” ungkapnya.

Di tanggal yang sama, Bea Cukai Sabang bersinergi dengan BNN Kota Sabang menggelar Operasi Berantas Sindikat Narkoba atau Operasi “Bersinar” 2021. Kegiatan ini sejalan dengan arah kebijakan nasional Presiden RI Joko Widodo yaitu untuk menyukseskan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Operasi Bersinar 2021 merupakan bentuk pengawasan dalam melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal, termasuk peredaran gelap narkotika, psikotropika dan prekursor (NPP). Kegiatan dalam operasi ini meliputi pemeriksaan kapal wisata asing (yacht), pemeriksaan kapal nelayan, sosialisasi kepada pemilik dan tamu resort, serta pemeriksaan urine test narkoba secara acak maupun kepada yang dicurigai oleh petugas Bea Cukai maupun BNNK Sabang. Operasi Bersinar 2021 yang diselenggarakan Bea Cukai Sabang mengambil langkah strategis dengan menguatkan sinergi terkait pengawasan NPP dengan BNN Kota Sabang untuk menciptakan Kota Sabang yang nyaman dan bebas dari Narkoba.

“Semoga dengan dukungan dan peran aktif masyarakat, kegiatan Operasi Bersinar 2021 dapat memberi manfaat dalam menciptakan generasi penerus bangsa terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” harap Firman.

Tak hanya itu, masih dalam rangka menjalankan fungsi community protector serta sebagai wujud nyata perjanjian kerja sama antara Bea Cukai dengan Baharkam Polri, Bea Cukai Lhokseumawe bersinergi melakukan patroli bersama dengan Kesatuan Kepolisian Air (Polair) Polres Bireuen pada tanggal 12 Oktober 2021.

Pada patroli bersama tersebut, Bea Cukai Lhokseumawe dan Sat Polair Polres Bireuen menggunakan kapal Bea Cukai dengan berpatroli di sekitar perairan Bireuen. Dalam kegiatan patroli tersebut, juga dilakukan pertukaran informasi dan pola operasi sehingga diharapkan terdapat peningkatan kemampuan personel Bea Cukai dan Polri dalam upaya menjaga wilayah NKRI, khususnya di Daerah Bireuen dari upaya penyelundupan narkotika dan barang-barang impor atau ekspor ilegal. Kegiatan tersebut juga sebagai upaya dalam melaksanakan Gempur Rokok Ilegal.

“Diharapkan koordinasi dan patroli bersama yang dilakukan ini dapat memperkuat sinergi antar dua instansi agar dapat menjalankan tugas dengan baik,” tutup Firman.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button