Pasar Inpres Pasar Minggu Kebakaran

JagatBisnis.com –  Kepala Kaum Dinas (Kasudin) Penyelesaian Kebakaran dan Pengamanan( Gulkarmat) Kota Jakarta Selatan, Herbert Flider Lumban Gaol mengatakan, api yang membakar Pasar Inpres Pasar Minggu, berawal dari basement pasar itu.

“ Pada saat aparat datang di posisi ternyata api terdapat di posisi basement,” ucap Herbert pada badan alat di posisi kebakaran, Senin, 12 April 2021.

Ia menambahkan,” Yang dibakar dari lantai basement, dari keterangan masyarakat orang dagang api berawal dari basement. Belum diketahui asal api karena masih menunggu pihak kepolisian.”

Herbert mengatakan, bangunan Pasar Inpres Pasar Minggu terdiri dari 5 lantai, dengan keseluruhan 388 alas di antara lain 268 alas di basement dan 120 lantai dasar.

” Lantai basement tempat lapak- lapak orang dagang yang dibakar, lantai 2 pula alas orang dagang, lantai satu kantor, lantai 2 parkir motor, dan lantai 3 zona parkir mobil,” ucap Herbert

Sebelumnya dikabarkan, gedung yang bersusun membuat aparat Pemadam Kebakaran( Damkar) kesusahan pada saat melakukan pemadaman api yang menyerang Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan Senin, 12 April 2021.

” Kesulitannya karena ini gedung bersusun, jadi aparat wajib masuk ke sela- sela bangunan,” ucap Kepala Dinas Penyelesaian Kebakaran dan Pengamanan DKI Jakarta, Satriadi Gunawan pada reporter di posisi, Senin, 12 April 2021.

Dalam peluang yang serupa, Kepala Subbagian Pembedahan Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng mengatakan, grupnya dalam mematikan api di posisi amat berjaga- jaga untuk masuk ke zona bangunan yang dibakar.

” Kita hati- hati sekali karena takutnya asbes ambruk dan dapat mematikan keamanan aparat,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan sementara di posisi, sekurang- kurangnya 80 toko sudah gosong dibakar di Bangunan Gulungan C.” Sekitar 80- an lah, itu terkini yang di lantai dasar betul. Jika totalnya belum ketahui, mungkin ratusan,” ucap Bambang seorang orang dagang Pasar Inpres kala ditemui di posisi.

Bambang mengatakan untuk posisi yang dibakar kebanyakan toko menjual kebutuhan utama ataupun sembako.

Pada jam 21. 50 Wib, api sudah sukses dipadamkan. Cara pemadaman api menyantap durasi kurang lebih sekitar 3 jam dari jam 18. 30 sampai 21. 45 Wib.

Sebesar 31 bagian mobil Damkar dan 220 personel dikerahkan ke posisi untuk mematikan api. Saat ini aparat Damkar masih melakukan cara pendinginan untuk membenarkan sudah tidak terdapat titik api. (ser)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button