Obat Rendaman Meteor di Lampung Tak Berkhasiat

JagatBisnis.com – Batu meteorit yang jatuh di Desa Astomulyo Dusun 5 Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah sudah menghebohkan warga sekitar. Batu meteorit itu ditemukan di dapur rumah Munjilah (60), warga setempat pada Kamis (28/01/2021). Warga pun berbondong-bondong ke rumah Munjilah, karena menganggap batu  meteorit itu memiliki tuah. Dari keterangan warga, tak hanya meminum, masyarakat juga membalurkan air rendaman batu itu ke tubuh mereka.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengatakan batu meteorit tidak mengandung khasiat tertentu. Secara umum, batu meteorit sama dengan batuan di bumi. Batu itu tidak mengandung racun dan tidak mengandung radiasi.

“Kami sudah mengingatkan masyarakat, agar tidak melakukan kegiatan yang belum diketahui efektivitasnya. Masyarakat harus bisa berpikir rasional dalam menilai manfaat medis dari batu meteorit. Justru, saya khawatir ada dampak negatif jika batu meteorit diyakini memiliki khasiat,” katanya di Jakarta, Selasa (02/02/2021).

Sementara itu, peneliti Lapan, Rhorom Priyatikanto menjelaskan pada umumnya kandungan utama meteor adalah silikat, besi, dan magnesium. Namun, tidak dapat diketahui berapa persen kelimpahan meteorit sebelum diuji di laboratorium petrografi atau sejenisnya.

“Terdapat kandungan isotop atau zat radioaktif seperti Iridium dan Berilium dengan jumlah yang amat sedikit. Tapi saya kurang mengetahui sejauh apa efek batu meteorit terhadap tubuh. Namun, dalam kehidupan sehari-hari orang mengenal adanya suplemen besi dan magnesium untuk tubuh,” ujarnya.

Dia menjelaskan, tentunya orang kedokteran atau farmasi yang lebih paham berapa banyak yang bisa diterima dan bermanfaat oleh tubuh. Karena pada prinsipnya, kelimpahan zat radioaktif meteorit tidak jauh berbeda dibandingkan batuan yang ada di bumi. Sehingga perlu ada proses pengayaan supaya efek radioaktifnya kentara.

“Oleh sebab itu, warga yang mempercayai air rendaman batu meteorit di Lampung berkhasiat, harus bisa berpikir dan bertindak secara logis supaya tidak berimbas buruk nantinya. Jadi, silahkan berkonsultasi pada dokter atau pakar yang sesuai untuk mengetahui suplemen apa yang baik untuk tubuh. Saya kira seduhan kunyit lebih bermanfaat untuk tubuh ketimbang air celupan meteorit,” tegas Rhorom. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button